KEBUMEN – mesiajateng.net

Hujan lebat yang mengguyur kecematan Pejagoan akhir akhir ini, menyebabkan tanah longsor. Longsor kali ini terjadi di desa Karangpoh kecamatan Pejagoan.

Akibat longsor yang terjadi di RT/10 RW/04 dukuh Karangwungu desa Karangpoh, kendaraan roda empat harus terisolir karena jalan yang akan menuju ke desa Gunung Sari Pejagoan tertimbun tanah.

Menurut penuturan warga, longsor yang nyaris merobohkan rumah Budi (51) itu, terjadi pada hari Senin (09/10) sekira pukul 10.00 wib.

Beruntung, saat longsor tebing penyangga rumah Budi tidak ada orang yang melintas, sehingga tidak ada korban jiwa.

Hari ini Kamis (12/10) pagi, warga setempat bersama dengan Polres Kebumen, Polsek Pejagoan dan Koramil Pejagoan serta BPBD Kebumen, membantu membetulkan tebing dan membersihkan tanah yang menimbun bahu jalan penghubung desa Karangpoh dan Gunungsari Pejagoan.

Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti, melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen AKP Willy Budiyanto mengatakan, Polres Kebumen menerjunkan satu peleton Dalmas dan sepuluh personel Polsek Pejagoan untuk membantu kerja bakti.

“Lumayan parah. Karena tebing yang longsor itu, di atasnya ada salah satu rumah warga. Sehingga, tebing itu harus segera diperbaiki. Hari ini Polres Kebumen bersama dengan Polsek Pejagoan, TNI, warga sekitar dan BPBD kerja bakti memebetulkan tebing dan membersihkan tanah yang menimbun jalan,” Kata AKP Willy.

Melalui AKP Willy, Kapolres Kebumen menghimbau agar warga kebumen selalu waspada terkait cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini.

“Kebumen rawan longsor dan banjir. Ada beberapa titik rawan bencana itu. Kami menghimbau agar warga selalu waspada terhadap bencana yang mungkin timbul,” ungkapnya. (MJ-303)