Grobogan – mediajateng.net

Berbagai upaya terus dilakukan oleh Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Grobogan dalam menciptakan Kamseltibcarlantas di Kabupaten Grobogan. Salah satunya adalah lomba PKS tingkat SLTA yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Simpang Lima hari ini, Rabu (29/3).

Menurut Kapolres Grobogan AKBP Satria Rizkiano SIK MSI MM melalui Kasat Lantas AKP Panji Gedhe Prabawa SIK SH, lomba PKS tingkat SLTA se Kabupaten Grobogan ini bertujuan untuk melindungi pelajar dan anak didik agar terhindar dari laka lantas.

“Ini merupakan bagian dari upaya dari strategi preventif kita untuk memberikan pendidikan sejak dini tentang tata tertib berlalulintas,” paparnya.

Lebih lanjut, menurut AKP Panji, pihaknya berharap dari peserta yang ikut dalam lomba PKS ini, nantinya bisa menjadi kader atau pelopor tertib berlalulintas di sekolah atau lingkungannya masing – masing.

Sementara itu, terkait penilaian lomba Kasat Lantas mengatakan bahwa terdapat tiga dewan juri yang melakukan penilaian. Masing masing diberi tugas untuk menilai ketepatan waktu, kekompakan dan semangat dari peserta.

Sebagai juara pertama diraih oleh SMA Negeri 1 Grobogan, sedangkan juara dua SMA Negeri 1 Purwodadi dan Juara ketiga SMK 2 Purwodadi.

Kegiatan ini, lanjut Panji, merupakan bentuk kaderisasi dari satlantas. Para peserta lomba nantinya akan menjadi kepanjangan tangan dari satlantas, minimal bisa menjadi polisi di dalam dirinya, kemudian sekolahnya dan bisa menularkan ke masyarakat umum (MJ -505)