SEMARANG,Mediajateng.net – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Jateng kembali menggelar Lomba kreasi Inovasi ( KRENOVA ) kompetisi yang bertujuan memacu generasi muda di masing-masing daerah untuk berinovasi dan mampu menciptakan teknologi tepat guna yang bisa diterapkan kehidupan sehari-hari.

Kepala Balitbang Jateng Tegoeh Wynarno Haroeno menjelaskan, Lomba Krenova ini ada tiga kriteria untuk memilih pemenang “Pertama, 10 proposal terbaik akan ditetapkan menjadi pemenang utama dan 10 berikutnya menjadi pemenang harapan. Kriteria kedua ditentukan dari penilaian dewan juri. Sementara kriteria ketiga akan dipilih 10 pemenang yang ditentukan oleh suara yang diperoleh di website www.krenovabalitbangjateng.com.” Jelasnya.

“Dalam website sudah ada foto produk dan penjelasan singkat mengenai pembuatan dan manfaatnya. Mempertimbangkan kemanfaatannya, masyarakat tidak akan salah memberikan suara,” tambahnya

Dari ratusan proposal yang masuk didominasi oleh produk makanan dan inovasi alat tepat guna. Seperti kripik kacang ijo memperoleh 70 suara sementara, es krim tempe 20 suara sementara, sirup deker 3.766 suara sementara dan alat tanam benih padi memperoleh 3.230 suara sementara dan alat semir sepatu semi automatik dengan 67 suara sementara.

Panitia Krenova Balitbang Jateng Teguh Surono menjelaskan, saat ini telah dilakukan penyaringan proposal. Dari jumlah yang masuk, telah dikerucutkan menjadi 40 proposal. Sesuai tahapan, 40 pengirim proposal ini akan diminta mempresentasikan pada 9-13 Mei. “Pengembangan terus dilakukan. Agar produktivitas masyarakat terus meningkat,” pungkasnya.

4 KOMENTAR

Comments are closed.