GROBOGAN, Mediajateng.net- Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq mengadakan pemeriksaan logistik milik KPU. Pemeriksaan yang dilakukan usai penandatanganan kerja sama pengamanan Pemilu 2019 di Aula Jananuraga Polres Grobogan, Senin (21/1/2019) ini dilakukan untuk memastikan logistik yang akan dipergunakan pada Pemilu 2019 dalam kondisi aman.

Choiron, sapaan akrabnya, mengemukkan pemeriksaan ini untuk mengetahui kondisi logistik Pemilu 2019 yang sudah diterima KPU Grobogan dari KPU RI. Selain itu, pemeriksaan tersebut juga ditujukkan untuk memastikan jumlah dan kondisi gudang penyimpanan yang dipergunakan KPU.

“Kami dan KPU sudah melakukan penandatanganan kerjasama untuk pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 nanti. Pemeriksaan ini ditujukan untuk mengetahui di mana saja lokasi penyimpanan logistik KPU. Baik itu kondisinya seperti apa untuk mengetahui bentuk pengamanannya nanti,” ujar AKBP Choiron.

Dalam pemeriksaan logistik ini, Kapolres didampingi Kasat Sabhara Polres Grobogan AKP Dzamrozie, Pjs Pasi Ops Kodim 0717/Purwodadi Kapten Inf Susilo Bimo Prasetyo, Kepala Satpol PP Bambang Panji Asmoro Bangun serta Ketua KPU Agung Sutopo dan Koordinator Divisi Sengketa Bawaslu Grobogan, Sahirul Alim.

Kapolres menambahkan, sebagai tahapan awalm pihaknya akan mengerahkan 295 personil untuk ditempatkan di sejumlah titik. Sementara untuk tahapan pemungutan suara, pihaknya akan menerjunkan 950 personil dari seluruh TPS dan sejumlah wilayah titik kerawanan.

“Jumlah ini dinamis karena adanya kemungkinan perubahan jumlah TPS dan perkembangan situasi Kamtibmas. Sementara ini masih terkendali, bagus dan aman. Kami berharap, sampai dengan selesainya Pemilu, kondisi yang aman dan terkendali ini masih berjalan,” ujarnya.

Beberapa logistik yang terkait dengan pesta demokrasi April mendatang ini sudah diterima KPU Grobogan. Hal tersebut diperjelas Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo. Menurut Agung, sapaan akrabnya, pihaknya sudah menerima logistik tersebut berupa kotak suara, bilik suara, tinta dan alat pencoblorsan. Beberapa kelengkapan lain juga diterimanya.

‘’Hanya surat suara dan formulir berita acara yang belum kami terima karena masih dalam tahapan proses di KPU RI. Di Pemilu 2019 ini, nanti ada sejumlah 4629 titik TPS di Grobogan. Sementara, jumlah DPT yang terdaftar ada 1.122.269 pemilih,” ujarnya.

Selain melakukan kerja sama dengan pihak kepolisan, KPU Grobogan juga menggandeng Badan Urusan Logistik (Bulog) Gudang 104 Purwodadi. Kerjasama di antara keduanya terjalin sebagai antisipasi adanya hewan yang dapat merusak logistik. Diantaranya, rayap, tikus, dan beberapa hewan kelas serangga. Meski demikian, sejauh ini belum ada permasalahan yang terjadi. (Ag-Mj)