KARIMUN, Mediajateng.net – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meresmikan Pembangkit Listrik tenaga Diesel Legon Bajak di Dukuh Telaga, Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Senin (30/5). Dengan PLTD berkapasitas 2×2 Megawatt tersebut, masyarakat di Karimunjawa kini bisa menikmati listrik 24 jam seperti saudara-saudaranya di Pulau Jawa.
Peresmian ditandai dengan penekanan bel bersama-sama antara Ganjar, Direktur Bisnis PT PLN Jawa Bagian Tengah Nasri Sebayang, Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono, Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi, Danrem 073/Makutarama Kolonel Kav Prantara Santosa, dan Sekda Jepara Sholih.
PLTD Legon Bajak melayani sambungan listrik 24 jam di dua pulau, yakni Karimun dan Kemujan. Pada 25 Mei lalu, pembangunan pembangkit di lahan sekitar 1 hektare itu telah dinyatakan layak operasi. PLT diuji lima hari hingga akhirnya diresmikan hari ini. “Targetnya sebenarnya Juli baru operasional, ternyata bisa lebih cepat dua bulan, terimakasih untuk PLN yang telah bekerja keras dan warga yang merelakan tanahnya untuk jadi pembangkit ini,” kata Ganjar dalam sambutannya.
PLTD Legon Bajak dibangun oleh PT Indonesia Power, anak perusahaan PT PLN. Sempat mengalami kendala karena komponen pembangkit utama tidak tersedia. Akhirnya dicapai solusi dengan merelokasi PLTD dari Pontianak. “Ini mesin relokasi dari Pontianak, tidak masalah, untuk sementara saja karena yang penting listrik bisa dinikmati dulu. Tolong dirawat, ini aset penting,” kata Ganjar.
Menurut Ganjar, Karimunjawa layak menjadi destinasi wisata unggulan Jateng, bahkan Nasional. Masih banyak potensi alam yang belum dieksplorasi di kawasan yang terdiri dari 27 pulau itu. Namun Ganjar mengingatkan perkembangan pariwisata seringkali menimbulkan kerawanan sosial. (MJ-070)

1 KOMENTAR

Comments are closed.