SEMARANG, Mediajateng.net – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat kepada Ganjar Pranowo atas kemenangan di Pilgub Jateng 2018. Ucapan disampaikan melalui telepon pada Sabtu (30/6) pagi.

Awalnya Anies menelepon Ganjar namun tidak terangkat. Ganjar yang belakangan tahu ada miscall dari Anies kemudian menelepon balik.

“Ya dia miscall trus saya telpon balik. ‘Oiyo aku mau telpon koe arep ngucapke selamat’,” kata Ganjar menirukan perkataan Anies.

Komunikasi selama tak lebih dari dua menit itu dilakukan dalam bahasa Jawa. Hal itu karena keduanya adalah sahabat lama. Anis adalah adik angkatan Ganjar di Universitas Gadjahmada.

Anies mengaku senang Ganjar terpilih kembali. “Wah aku seneng mas koe kepilih maneh,” kata Ganjar kembali menirukan Anies.

Ucapan selamat itu bagi Ganjar memiliki dua makna. Pertama sebagai wujud pengakuan Anies secara politik karena bagaimanapun gubernur DKI itu terang-terangan mendukung Sudirman Said, cagub lawan Ganjar. Baik Anies maupun Sudirman Said juga sama-sama diusung Partai Gerindra dalam kontestasi pemilihan gubernur.

Dalam beberapa kesempatan, Sudirman muncul bersama Anies. Bahkan dalam masa tenang jelang pemungutan suara, keduanya mempertontonkan kebersamaan dengan makan di warung tegal.

“Ya pertama tentu dia memyampaikan selamat atas kemenangan pasti dia sudah membaca quick count atau real count berarti mengakui sudah selesai,” katanya.

Makna kedua adalah sebagai pribadi dua sahabat lama. “Kedua sebagai sahabat, teman kuliah dia adik kelas saya setahun. Saya di gelanggang mahasiswa dia di senat mahasiswa ketemu di gelanggang dulu,” katanya.