Layanan Kesehatan di RSU Banyumanik

Prof Singgih saat melihat kondisi ruang ICU yang disediakan RSU Banyumanik 2. Foto : Wahyu

Semarang, mediajateng- Pelayanan sosial terus menjadi program yang dikembangkan Yayasan Manshurin.

Di Kota Semarang, wujud nyata dilakukan dengan membangun Rumah Sakit Umum Banyumanik (RSUB) 2, di Jalan Perintis Kemerdekaan, Banyumanik.

Dimana Yayasan Manshurin dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan mendukung pemerintah, menyediakan ruang khusus isolasi bagi pelayanan kesehatan pasien covid-19.

Direktur Yayasan Manshurin, Prof Singgih Tri Sulistyono mengatakan, selain bergerak dalam pelayanan kesehatan, RSUB 2 juga berkomitmen sebagai cerminan dari akhlakul karimah dalam membantu sesama, utamanya masyarakat menengah ke bawah.

“Masyarakat menengah ke bawah memiliki keterbatasan tertentu dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang memadai. Hal ini yang memotivasi Yayasan Manshurin mendirikan RSUB 2,” ujarnya saat sotflaunching RSUB 2, Rabu (27/1/2021).

Prof Singgih menerangkan, RSUB 2 adalah pengembangan dari Rumah Sakit Banyumanik yang sudah melayano terlebih dulu. Rumah sakit yang dibangun di jalan Bina Remaja, Banyumanik yang sekarang ini sedang bertransformasi menjadi RSIA Banyumanik.

“Hal ini dilakukan karena sesuai dengan perkembangannya peraturan-peraturan pemerintah yang baru, tidak memungkinkan rumah sakit ini terus bertahan sebagai rumah sakit tipe D,” imbuhnya.

Pada awalnya, RSUB 2 ini menggantikan kedudukan RSB lama. Namun akhirnya, RSB masih tetap diupayakan untuk tetap beroperasi dengan bertransformasi menjadi rumah sakit khusus yakni Rumah Sakit Ibu Anak (RSIA). Adapun RSUB 2 yang berlokasi di Jl Perintis Kemerdekaan no 57.

Adapun masih mewabahnya pandemi covid-19 menjadi perhatian rumah sakit. Singgih menerangkan, jika saat ini RSUB memiliki sejumlah ruang isolasi bagi pasien covid-19.

“Kami mempunyai 24 kamar VIP. 14 jadi ruang isolasi covid. Dan kami menambah ICU khusus,” terangnya.

Sementara itu Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam sambutannya secara daring mengucapkan selamat atas terbangunnya RSUB 2 tersebut. Pihaknya berharap, adanya RSUB 2 dapat memberikan pelayanan maksimal di wilayahnya.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi harapan rekan-rekan ini, bisa lancar, sukes dan diberikan ridho Allah SWT,” katanya.mj/50