Sejumlah anggota Kodim 0721 Blora saat membidik sasaran giat Latbakjatri. Foto : Agung Tri

BLORA, Mediajateng.net- Latihan Menembak Senjata Ringan atau yang sering disebut dengan Latbakjatri diselenggarakan Kodim Blora Selasa (19/3/2019). Latihan ini merupakan kegiatan rutin setiap triwulan.

Bertempat di Lapangan Tembak Yonif 410/Alugoro, Latbakjatri Triwulan I ini diikuti para prajurit TNI. Mereka berlatih sesuai dengan arahan Komandan Latihan (Danlat) yakni Kapten Inf Surana.

Pria yang juga Danramil 05/Cepu ini mengatakan, menembak senjata ringan ini sudah dikenalkan sejak calon prajurit menempuh pendidikan pembentukan di lembaga-lembaga pendidikan militer. Baik itu pendidikan pembentukan tamtama, bintara atau perwira.

Dalam latihan tersebut, Kapten Surana menekankan kepada para prajurit untuk serius serta berhati-hati saat berlatih serta mengikuti instruksi dari pelatih maupun pengawas latihan.

“Sebab amunisi yang dipergunakan ini amunisi tajam sehingga tidak ada lagi kesalahan yang dilakukan perorangan dan menimbulkan kerugian personil,” kata Kapten Surana.

Ditambahkan juga, kegiatan rutin triwulan sekali ini jangan dianggap main-main. Pasalnya, jika dianggap main-main atau biasa-biasa saja maka tidak akan menghasilkan secara maksimal.

“Jangan sampai ada korban dalam latihan menembak. Baik dari prajurit maupun masyarakat yang tinggal atau yang sedang melintas di sekitar lapangan. Latihan sehebat dan sebaik apapun apabila ada korban yang disebabkan karena kelalaian dalam latihan, maka latihan tersebut dinyatakan gagal dan tidak berhasil,” pungkas Kapten Surana.mj/ag