Lasmi Indaryani Sukses Kawal Proyek Pembangunan Air Baku Banjarnegara

Banjarnegara, mediajateng.net – Anggota Komisi V DPR RI, Lasmi Indaryani sukses kawal proyek pembangunan air baku Banjarnegara yang akan dikerjakan tahun 2022.

Suksesi pengawalan proyek pembangunan air baku Banjarnegara yang akan dikerjakan tahun 2022 tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman tentang pembangunan penyediaan air baku Kali Ori Desa Prigi Kecamatan Sigaluh.

Penandatangan dilakukan oleh Plh Bupati Banjarnegara dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak di Pringgitan Rumah Dinas Bupati Banjarnegara, Rabu 29 Desember 2021.

Lasmi menjelaskan air adalah komponen vital dalam kehidupan makhluk hidup, bertambahnya populasi menjadikan bertambah pula kebutuhan akan air.

Dijelaskan pemenuhan kebutuhan air baku, terutama di kabupaten Banjarnegara menjadi salah satu perhatian utama Lasmi Indaryani dalam turut berkontribusi membangun daerahnya.

Menurutnya, banyak potensi air baku yang belum bisa dimanfaatkan karena keterbatasan anggaran dari pemkab, peran serta PDAM dan OPD teknis terkait juga sangat berperan dan membantu terealisasinya program ini.

Lasmi menjelaskan, pihaknya bersama sama mengawal sehingga hari ini terlaksana penandatanganan berita acara kesepakatan bersama pembangunan penyediaan air baku Kali Ori, adanya program ini merupakan salah satu jawaban untuk mengurai permasalahan terhadap pemenuhan air baku yang ada di Kabupaten Banjarnegara yang masih kurang.

Lasmi menambahkan tahun 2022 besok akan ada 2 program BBWSO di Kabupaten Banjarnegara, selain program ini masih ada program Revitalisasi daerah irigasi Banjar cahyana yang masuk list.

“Semoga tahun depan daerah irigasi Singomerto bisa masuk list untuk direvitalisasi atau malah ditingkatkan, tentunya dengan terealisasi nya program ini menjadi penyemangat saya untuk lebih giat mengawal dan menyuarakan aspirasi dan program yang bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Banjarnegara,” terangnya.

Sementara Kepala BBWS Serayu Opak Dwi Purwantoro mengatakan, rencana alokasi air baku untuk penyediaan air baku Kali Ori telah disepakaiti sebesar 100 liter/detik.

Ketersediaan air pada Kali Ori ini akan dipergunakan untuk berbagai kepentingan, meliputi pemenuhan kebutuhan air baku dan air minum yang akan dikelola oleh PDAM Banjarnegara, serta untuk irigasi.

“Ini merupakan kerjasama antara BBWS Serayu Opak dengan Pemkab Banjarnegara dalam pemenuhan kebutuhan dasar, yaitu air bersih untuk masyarakat Banjarnegara,” katanya

Plh Bupati Banjarnegara, Syamsudin menyambut baik kerjasama ini. Menurutnya adanya penyediaan air baku Kali Ori ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam upaya pemenuhan kebutuhan air bersih.

Bahar Ibnu Hajar, Direktur PDAM Banjarnegara menyampaikan penandatanganan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan pra pembangunan penyediaan air baku Kali Ori Desa Prigi.

Penyediaan air baku Kali Ori akan dilakukan BBWS Serayu Opak di tahun anggaran 2022 dengan pagu anggaran sebesar Rp20 miliar dari dana APBN.

Dia mengatakan, perencanaan teknis dan non teknis sudah dilakukan dengan matang, sehingga dia mengharapkan optimalisasi kegiatan agar bisa memberi manfaat yang maksimal.

“Program ini akan meningkatkan cakupan air kepada masyarakat sebanyak 36%,” ujarnya. (MJ/50)