SEMARANG, Mediajateng.net – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) kerjasama untuk melakukan penelitian dengan tema Pemetaan Korban Pelanggaran HAM yang Berat Sebagai Terlindung LPSK.

Jalinan kerjasama tersebut diharapkan mampu memberi pemahaman kepada masyarakat terkait hak-kewajiban saksi dan korban. “Dengan penelitian ini kami berharap bisa mengetahui apakah hak para korban sudah terpenuhi”, ujar Ketua LPSK, Abdul Haris Semendawai.

Diketahuinya sejauh mana pemenuhan hak korban pelanggaran HAM berat yang menjadi terlindung LPSK penting untuk mengetahui apakah ada kekurangan dalam pemenuhan hak korban. Hal ini juga untuk perbaikan layanan LPSK jika memang ada yang perlu diperbaiki.
“Dengan menggandeng pihak FH Undip, diharapkan akan mendapatkan masukan berharga mengingat latar belakang sebagai akademis tentunya sangat mungkin untuk memberikan masukan yang berharga,” jelas Semendawai.
Menyambut penelitian ini Wakil Dekan FH Undip Retno Saraswati menyambut hangat kerjasama dari LPSK ini dikarenakan bisa menjadi implementasi pengabdian masyarakat dari FH Undip. Ke depannya diharapkan kerjasama antara LPSK dengan FH Undip semakin berkembang.
“Misalkan untuk penelitian atau kuliah lapangan baik untuk mahasiswa maupun pengajar FH Undip,” ujar Retno.
Dalam temuan yang didapat sejauh ini, ditemukan beberapa permasalahan yang sebenernya kembali kepada masalah anggaran. Terkait hal tersebut diharapkan LPSK bisa menyiasati melalui sinergitas dengan instansi lain yang bisa membantu sesuai peran instansi tersebut.
“Seperti pemenuhan hak psikososial berupa perbaikan rumah yang pernah dikerjasamakan LPSK dengan Kementerian Sosial melalui program bedah rumah mereka,” ujar dia.
Apa yang disampaikan dalam perkembangan penelitian dari tim FH Undip akan menjadi perhatian dari LPSK. Hal ini tentunya untuk memperkuat upaya pemenuhan hak saksi dan korban terutama secara kualitas.
“Masukan dari tim peneliti menjadi pertimbangan sekaligus cambuk bagi kami yang bertugas di lapangan,” ujar Wakil Ketua LPSK.
LPSK saat ini bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi guna melakukan penelitian terkait upaya pemenuhan hak Saksi dan Korban. (MJ-070)

 

3 KOMENTAR

  1. It’s hard enough as it is to resolve to non-SEOs how to rank a webpage. In an increasingly ornate greensward, to do well you’ve Comment suivre le cours du bitcoin live got to include a satisfactory treat on a far-reaching classification of complete subjects. This print run of Whiteboard Friday covers a nine-point checklist of the major items you’ve got to vexed away to seniority in the contemporary year — and maybe pick up some hints on how to explain it to others, too.

Comments are closed.