DPRD Sekolah Swasta Gratis. Mungkinkah ?

0
76

SEMARANG, Mediajateng.net, – DPRD Kota Semarang menyambut positif program sekolah swasta gratis yang dicanangkan oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi. Menurut Sekretaris Komisi D DPRD Kota Semarang Anang Budi Utomo, pihaknya mendukung penuh program prorakyat tersebut.

Program yang belum diterapkan walikota atau gubernur di Indonesia, kedepan akan mampu hilangkan kesenjangan antara sekolah negeri dan sekolah swasta.

“Jika sekolah negeri sudah digratiskan dengan bantuan dana dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pemerintah Pusat, kalau yang swasta diberi dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) yang diambil dari dana APBD Kota Semarang,” katanya, Senin (13/1).

Lebih lanjut, Anang mengungkapkan, di tahun 2020 ini sekolah swasta yang mendapatkan BOP dari Pemkot Semarang baru 7 persen. Jumlah tersebut merupakan hasil kajian yang dilakukan oleh Pemkot terkait dengan sekolah swasta yang membutuhkan bantuan.

“Meski baru 7 persen, kami dari Komisi D sangat mengapresiasi dan mendukung program pendidikan gratis itu,” ungkapnya.

Kedepan, Anang berharap semakin banyak sekolah yang mendapat bantuan sehingga bisa meringankan beban masyarakat.

“Memang tidak semua mau karena sekolah swasta punya yayasan. Yayasan punya otonomi sendiri. Ada sekolah yang tidak terima BOS, jika diberi BOP pasti juga tidak mau,” tambahnya.

Sebelumnya di beritakan, Pemkot Semarang saat ini terus melakukan persiapan merealisasikan program sekolah swasta gratis.

Program yang di canangkan oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi tersebut akan dimulai pada tahun ajaran baru mendatang atau tahun ajaran 2020/2021.

“Untuk tahap awal, rencana akan ada 7 TK, 14 SD dan 20 SMP Swasta yang akan diberi bantuan operasional pendidikan (BOP) yang saat ini sudah dianggarkan di APBD Kota Semarang,” katanya. (ot/mj)