GROBOGAN, Mediajateng.net- KPU Grobogan melakukan verifikasi data faktual. Verifikasi tersebut dilaksanakan untuk menindaklanjuti surat edisi KPU RI nomor 419/PL.02.1-SD/01/KPU/III/2019 tentang verifikasi temuan data dari BPN 02.

Hal tersebut dibenarkan M Machruz, Komisioner KPU Grobogan bidang Divisi Perencanaan Data dan Informasi .

Machruz, sapaan akrabnya mengatakan, sebelum diverifikasi dimulai dengan undian _sampling_ pada Sabtu (16/3) di lima daerah. Undian tersebut dilaksanakan KPU bersama
M.S Mudjib Koordinator Pengawasan Hubungan Antarlembaga, Hubungan Antar Masyarakat Bawaslu Grobogan, Dheky Kennedi dari TKN 01 Grobogan serta Okta Wijayanto dari BPN 02 Grobogan.

Undian tersebut disesuaikan dengan lima kategori yang diatur SE KPU no 419 yakni pemilih dengan tanggal 1 Januari, pemilih dengan tanggal lahir 1 Juli, pemilih dengan tanggal lahir 31 Desember, pemilih usia di atas 90 tahun dan pemilih usia dibawah 17 tahun.

“Undian sampling ini dihadiri perwakilan dari KPU, Bawaslu, TKN01 dan BPN02. Undian sampling ini ditujukan untuk menentukan masing-masing satu sampel di tiap kategori sehingga muncul tiap kategori, satu sampling,” kata pria yang bertugas di Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Grobogan, kepada Mediajateng.net, Senin (18/3).

Hasil dari undian sampling tersebut antara lain untuk kategori tanggal lahir 1 Januari ditemukan di Desa Menduran Kecamatan Brati.

Kategori tanggal lahir 1 Juli di Desa Dokoro Kecamatan Wirosari, kategori tanggal lahir 31 Desember di Kecamatan Toroh dan Brati, kategori umur di atas 90 tahun yakni di Desa Pakis Kecamatan Kradenan dan kategori umur di bawah 17 tahun ditemukan di Desa Getasrejo Kecamatan Grobogan.

“Undian sampling dilanjutkan verifikasi di lapangan yang juga diikuti semua perwakilan. Hasilnya, semua pemilih ada dan memenuhi syarat sebagai pemilih serta berdomisili sesuai dengan alamat KTP elektronik. Sempat kami temukan adanya ketidaksesuaian pada data verifikasi yang diturunkan dengan KTP elektronik pada tahun kelahiran. Namun, saat dicek ulang pada database DPT sudah sesuai dengan KTP el,” tambahnya.

Machruz menambahkan, sampai saat ini total pemilih yang terdaftar dalam DPT sesuai pleno Desember 2018 berjumlah total 1.122.269 orang. Kemudian, pada rekap sementara untuk pemohon yang memutuskan pindah memilih ke luar TPS asal sudah terdata diatas 2.000 pemilih.

Sementara untuk yang pindah memilih masuk ke wilayah Kabupaten Grobogan sudah masuk sekitar 500 an pemohon. Rabu (20/3), pihak KPU Grobogan akan melakukan rapat pleno untuk memutuskan jumlah DPTb yang sudah masuk dalam rekap data.mj/agung