SOLO, Mediajateng.net – Sekitar 1000 pengusaha di Solo Raya mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo – Ma’ruf Amin, Sabtu (6/4) bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Mereka menargetkan 80 persen suara Solo Raya untuk Jokowi – Amin.

Pengusaha dari beragam sektor turut hadir, dari tekstil, perdagangan hingga pertanian. Mereka semua di bawah komando Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo. Pria berkumis tebal itu mengatakan agar pengusaha tidak perlu khawatir menegaskan keberpihakannya.

Pengusaha Solo tidak perlu takut menghadapi pemilu pada 17 April mendatang. Pemerintah yang menjamin keamanannya bersama TNI-Polri, saya menjamin keamanannya,” katanya.

Rencananya, deklarasi ini hanya mengundang sekitar 350 pengusaha Solo Raya. Namun, pengusaha yang mendapat undangan tersebut lantas gethok tular, saling memberi tahu pengusaha lain yang justru menarik minat banyak pengusaha. Ganjar Pranowo mengatakan seluruh pengusaha Solo Raya ini sudah komitmen tinggi pada Paslon Capres nomor urut 01.

Ini banyak temen-temen pengusaha komitmen tinggi mereka mendeklarasikan tadi mendukung pak Jokowi,” katanya.

Ganjar tidak ingin sekadar deklarasi pepesan kosong. Dirinya pun menargetkan pengusaha tersebut agar mampu mendongkrak suara Capres 01 meraih suara 80 persen di Solo Raya. Terlebih mereka memiliki puluhan ribu karyawan.

“Kalau melihat semangat mereka, wah kalau tidak mencapai 80 persen, ini pak yang tanggungjawab (FX Hadi Rudyatmo/Rudi),” katanya.

Untuk itu Ganjar berpesan pada mereka agar menganjurkan seluruh karyawannya untuk nyoblos pada 17 April mendatang. Jika ada yang hendak liburan, Ganjar menekankan agar terlebih dahulu ke TPS dan menyumbangkan suaranya.

Saya pesen keluarganya, karyawannya jangan piknik dulu, nyoblos dulu pagi hari. Yang libur ya libur. Jadi datang nyoblos terus silakan kalau mau piknik. Kalau mereka lembur ya suruh ngatur perusahaannya, tapi kan harinya libur,” katanya.

Selain deklarasi, acara tersebut juga diisi dengan dialog interaktif tentang pelbagai hal dunia usaha di Jawa Tengah. Ganjar berharap pengusaha terus memberi kontribusi positif pada perkembangan perekonomian di Jawa Tengah.

“Kalau pengusahanya bener, pemerintahan juga berjalan pada track yang bener rakyat makmur. Kan ini yang kita cita-citakan,” kata Ganjar.

Sebelum acara usai, seluruh peserta juga melakukan flashmob goyang jempol dengan iringan lagu Meraih Bintang. Lagu yang ditenarkan Via Vallen sebagai jingle Asian Games 2018 lalu itu membuat semua pengusaha berdiri untuk turut joget sambil menggoyangkan jempolnya. Andreas BW misalnya, yang tetap semangat meski waktu semakin larut.

“Deklarasi memang tidak selamanya serius, tapi bisa dilakukan dengan bahagia namun tetap bekerja keras meraih target suara,” katanya.