DEMAK, Mediajateng.net – Sebagai lembaga negara, KPU harus memberikan informasi yang akurat, adil dan transparan kepada publik, baik itu peserta pemilu maupun masyarakat selaku pemilih.

Hal itu dikatakan oleh Ketua KPU Demak, Bambang Setya Budi, seusai acara launching Media Center KPU Demak, Jumat (7/12/2018).  “Sebagai penyelenggara pemilu, kita harus bisa menjaga dan berbuat adil,” katanya.

Sebagai lembaga publik yang memproduksi data dan informasi terkait kepemiluan, KPU Demak mempunyai tanggungjawab untuk menyampaikan informasi tersebut ke publik, melalui media massa, website dan media sosial.
Sebelum sampai ke publik, data dan informasi tersebut tentunya diolah terlebih dahulu di Media Center KPU Demak.

“Jadi , media center ini menjadi kebutuhan kita bersama. Media center ini sebagai sarana untuk memberikan layanan informasi yang baik dan seadil – adilnya,” ujarnya.

Adanya Media Center KPU Demak ini, sambung Bambang, diharapkan dapat menyerap informasi dari berbagai kalangan, mengolah data, dianalisis kemudian menjadi sebuah informasi yang akan diberikan kepada publik.

Menurutnya, keberadaan Media Menter ini juga bisa dimanfaatkan oleh mitra kerja KPU Demak dari berbagai media baik cetak, tv , radio maupun online untuk berkumpul dalam rangka penyerapan maupun penyebaran informasi.

“Teman – teman jurnalis bisa memanfaatkan pojok Media Center ini untuk menjalin komunikasi dengan kita, baik formal maupun informal. Kita sudah siapkan komputer , internet dan kopi. Silakan kalau mau membuat berita disini, atau sekedar ngopi dan diskusi bagaimana kita bersama sama membangun demokrasi di Kota Wali sehingga pemilu mendatang berintegritas,” ucapnya.

Sebelum acara launching Media Center, KPU Demak mengadakan Pelatihan Pengelolaan Media Center di Aula KPU Demak. Acara yang berlangsung selama dua hari, Kamis – Jumat (6 – 7 /12/2018) tersebut ,diikuti oleh sekretariat dan Komisioner KPU Demak serta anggota PPK se Kabupaten Demak.

Pelatihan Pengelolaan Media Center kerjasama antara KPU Demak dengan PWI Demak itu, menghadirkan narasumber Sri Mulayadi wartawan senior Suara Merdeka yang juga Ketua Dewan Kehormatan PWI Jateng, yang menyampaikan materi tentang management pengelolan media center, Nugroho Dwiadhiseno , fotografer Suara Merdeka yang memberikan materi tentang fotografi, Taufik Budi dari MNC TV yang menyampaikan materi tentang teknik videografi serta teknik penulisan berita oleh Hasan Hamid wartawan Suara Merdeka yang juga Ketua PWI Demak.