DEMAK, Mediajateng.net- Kesuksesan pelaksaan pemilihan umum (Pemilu) untuk memilih Presiden dan DPD RI, DPR RI serta DPRD menjadi tanggungjawab bersama.

Karenanya, Komisi A DPRD Jawa Tengah, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke KPU Kabupaten Demak.

Kunker dipimpin langsung Ketua Komisi A DPRD Jawa Tengah, Masrokhan Syamsuri dan diterima Ketua KPU Demak beserta Komisioner KPU Demak.

“Kunjungan untuk mengetahui sejauhmana kesiapan KPU Kabupaten Demak dalam menyelenggarakan Pemilu 2019, baik pilpres maupun pileg. Kita juga menyampaikan beberapa masukan agar hajat demokrasi berjalan lancar, sukses dan berintegritas,” kata Masrokhan, seperti yang dikutip dalam pers rilis, Senin (11/2).

Masrokhan menambahkan,untuk meningkatkan partisipasi masyarakat serta agar masyarakat dapat menggunakan hak konstitusinya, KPU Demak diharapkan intensif berkoordinasi dengan stakeholder terkait.

“KPU Demak harus gencar melakukan sosialisasi pemilu dan bersinergi dengan Forkopimda dan masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Romli Mubarok anggota Komisi A DPRD Jateng, menambahkan, KPU sebagai penyelenggara pemilu harus menjaga kepercayaan publik, karena masyarakat sangat berharap tercipta pemilu 2019 yang bersih.

Dalam merekrut KPPS misalnya, KPU Demak harus benar-benar cermat dalam melakukan seleksi.

“Kapasitas peserta (KPPS) tidak hanya dinilai dari pengetahuan kepemiluannya. Namun, kejujuran, independensi dan integritas juga harus dicermati,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Demak, Bambang Setya Budi, meyampaikan bahwa KPU Kabupaten Demak siap menyelenggarakan pemilu 2019. Kesiapan tersebut diwujudkan dengan terlaksananya tahapan-tahapan pemilu yang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Saat ini, tahapan yang tengah berlangsung adalah kampanye, penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan potensi Daftar Pemilih Khusus (DPK), penyiapan logistic pemilu.

“Untuk DPTb, saat ini sedang proses penyusunan. Rencana, nanti tanggal 17 Februari akan kita rekap,” tuturnya. Untuk kesiapan logistik, dia sampaikan bahwa kelengkapan TPS seperti kotak suara, ATK, tinta, segel sudah terpenuhi,” katanya.60mj