BLORA, Mediajateng.net – Dalam rangka mendongkrak partisipasi pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Blora mengadakan pembentukan Relawan Demokrasi atau yang dapat disingkat Relasi. Setelah melakukan serangkaian proses seleksi, Kamis (24/1/2019) kemarin, KPU Blora melantik para Relasi tersebut di Kyriad Hotel Cepu.

Para relasi tersebut mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang diberikan lima orang komisioner dan kepala sekretariat KPU Kabupaten Blora. Dengan mengenakan kemeja putih dan bawahan berwarna hitam, para Relasi ini mengikuti Bimtek tersebut.

Ketua KPU Blora Muhammad Hamdun mengatakan, pada Pemilu 2019 ini aka nada target jumlah partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen. Karena itu, perlu dibentuk relawan demokrasi guna untuk membantu mensosialisasikan informasi tentang Pemilu kepada pemilih.

“Target partisipasi pemilih untuk Pemilu 2019 nanti adalah 77,5 persen. Ini bagi kami berat. Maka dari itu, kami menggandeng beberapa elemen. Kita rekrut menjadi relawan demokrasi ini. Tujuannya untuk membantu mensosialisasikan informasi Pemilu 2019 ke semua basis,” jelas Hamdun.

Relawan demokrasi ini dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan sosialisasi sesuai basisnya masing-masing yang telah ditentukan KPU. Contohnya basis keluarga, pemula, pemuda perempuan, disabilitas, margina, agama, dan internet. Dengan begitu, kata Hamdun, diharapkan sosialisasi ini dapat sampai ke seluruh lapisan sehingga partisipasi pemilih dapat terpilih.

“Kami berharap agar nantinya bisa tersampaikan pesan pemilu di seluruh lapisan. Relawan demokrasi kita bagi sesuai segmen masing-masing,” tutupnya. (Ag-Mj)