SEMARANG, mediajateng.net, – Kota Semarang kembali meraih penghargaan di acara Forum Perencanaan Musrenbangnas 2019, RKP 2020 di Jakarta, Kamis (9/5). Dua penghargaan khusus sekaligus diraih Pemkot Semarang dari Kementrian PPN/Bappenas yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

Kota Semarang merupakan satu-satunya wilayah yang meraih penghargaan Kategori Penghargaan Khusus Pembangunan Infrastruktur Daerah Skema KPBU.

“Kemudian, satu lagi penghargaan lainnya yaitu jenis penghargaan jenis Kategori Perencanaan Dan Pencapaian Terbaik Tingkat Kota, Kota Semarang meraih diurutan pertama, setelah mengalahkan Kota Denpasar dan Kota Makasar yang menempati urutan kedua dan ketiga,” tegas Kabag Humas Pemkot Semarang Wing Wibisono, Kamis malam (9/5).

Wing menambahkan, untuk penghargaam jenis Kategori Perencanaan Dan Pencapaian Terbaik Tingkat Kabupaten, diraih oleh Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Tabanan.

“Kemudian untuk peraih penghargaan Kategori Perencanaan Dan Pencapaian Terbaik Tingkat Provinsi diraih oleh Provinsi Jateng, Jatim dan Sumsel. Untuk Jateng penghargaan langsung diterimakan kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo,” jelasnya.

Walikota Semarang usai menerima penghargaan dari Presiden Jokowi mengungkapkan rasa syukurnya terhadap perolehan dua penghargaan sekaligus yang diraih oleh Pemkot Semarang dibawah kepemimpinannya.

“Tentu saja kami ingin untuk lebih bisa mempertahankan beberapa, keunggulan dari masing-masing daerah kami” ungkap Hendi, sapaan akrab Walikota Semarang.

Termasuk, Hendi menambahkan untuk bisa saling belajar dan saling mengisi antara wilayah yang bersama memperoleh penghargaan seperti wilayah Kota Denpasar dan Kabupaten Tabanan yang juga meraih penghargaan bersama Kota Semarang.

Hendi menjelaskan, dua penghargaan bisa diraih karena adanya konsep sinergitas dan bergerak bersama yang dilakukan oleh beberapa steakholder di Kota Semarang. Mulai dari pemerintah, para tokoh masyarakat dan dunia usaha, warga Kota Semarangnya, serta media yang saling bersinergi dan menjadikan Kota Semarang akan lebih maju.(ot/mj)