SEMARANG, Mediajateng.net, – Kota Semarang berpeluang besar menjadi tuan rumah event MXGP 2020 mendatang. Menurut Walikota Semarang Hendrar Prihadi, pihaknya optimisme itu karena perhelatan olahraga bermotor MXGP 2019 kali ini dinilai sukses pelaksanaanya.

“Dari dari informasi yang saya dapatkan hari ini, Tahun 2020, Kota Semarang juga masuk menjadi kandidat tuan rumah event MXGP untuk ketiga kalinya,” ungkapnya usai pembukaan Grand Final MXGP 2019 di BSB City, Mijen, Kota Semarang, Minggu (14/7).

Meski berpeluang besar, Walikota yang akrab disapa Hendi itu tetap akan melakukan kajian mendalam terhadap peluang menjadi tuan rumah tersebut. Termasuk, dari sisi anggaran apakah kembali memggunakan dana APBD atau melibatkan pihak swasta.

“Kami kaji lebih lanjut karena ini perlu pembahasan lebih mendalam. Ini menyangkut banyak hal, tadi Ketua IMI Pusat juga sudah ketemu. Mereka juga mendukung, saya rasa kita juga lihat anggaran terdekat, kita juga harus melihat apakah masih memungkinkan atau kita dorong teman-teman swasta untuk mengambil peluang itu,” ungkap Hendi.

Hendi menilai keterlibatan pengusaha dan pihak swasta dalam event kelas internasional ini sangatlah penting. Sehingga, dirinya melakukan langkah paska gelaran MXGP 2019 ini, akan melakukan evaluasi keterlibatan swasta tersebut. Termasuk berkoordinasi dengan steakhokder Kota Semarang, salah satunya DPRD Kota Semarang.

“Ya, ya (sangat penting). Kita tahu, event ini semakin hari semakin banyak diminati dan Semarang lebih banyak diminati dan dikenal masyarakat diluar sana,” ujarnya.

Hendi bersyukur karena targetnya penonton membludak menampakkan hasil. Terbukti pada gelaran MXGP 2019 ribuan penonton banyak tersebar di beberapa titik area sirkuit.

“Target saya penontonnya membludak, promosinya sampai ke 140 negara, kota ini. Kemudian ada transfer teknologi, transfer skill, dari tim asing ke tim Indonesia. Kita tahu event disini, disiarkan langsung 140 negara, sehingga Kora Semarang menjadi kota yang lebih dikenal di dunia. Mudah-mudahan pariwisata lebih meningkat, ekonomi menjadi lebih baik,” bebernya.

Tak lupa, Hendi mengucapkan terimakasih kepada beberapa elemen terlibat, mulai dari Youth Stream sebagai induk organisasi MXGP, IMI Pusat sebagai induk organisasi otomotif yang telah bekerjasama secara serius mempersiapkan gelaran MXGP 2019 dan berjalan dengan sukses.

Sementara itu, Vice Presiden and Head Operation Youth Stream David Luongo menyampaikan rasa terimakasih atas pelaksanaan MXGP 2019 yang sukses. Termasuk memuji jika sirkuit BSB City Mijen, Kota Semarang merupakan sirkuit motocros terbaik di Indonesia dan ditingkat Asia.

“Trek atau lintasan sirkuit di sini sangat bagus sekali. Pemandangan dan situasinya sangat menantang. Semua pembalap-pembalap kelas dunia hadir disini. Kota Semarang memiliki potensi trek yang sangat bagus, terutama di BSB City ini. Kemudian treknya juga sangat-sangat spektakuler. Kita berharap, event kali ini akan lebih baik dari event yang sebelumnya,” pungkas David Luongo.(ot/mj)