SEMARANG, Mediajateng.net – Cuaca yang kurang mendukung dan waktu pekerjaan yang cukup singkat, bukan menjadi kendala bagi pelaksana proyek pembangunan Pasar Johar Baru di Semarang. Menurut Site Manager PT. Sinar Cerah Sempuna, Heru Danudjo, pihaknya telah menambah alat berat dan waktu pekerjaan dilakukan 24 jam terbagi tiga shift.

“Saat ini kami sedang memasang bored pile. Ada sekitar 510 bored pile. Memang cuaca sering hujan tapi tidak jadi masalah. Cuma masalah lumpur aja. Tapi sudah kami siapkan disposal areanya,” ujarnya, saat peninjauan progres pekerjaan oleh Dinas Perdagangan Kota Semarang, Senin (27/11/17).

Heru merinci, penambahan alat berat tersebut diantaranya mesin bored pile menjadi 5 unit, excavator 5 unit, Crane service 2 unit, Crane tadano 1 unit dan Dozer menjadi 2 unit. Dengan demikian, ia optimis penambahan alat tersebut akan mempercepat proses pembangunan.

“Kami sudah tidak bisa nambah alat berat lagi. Saat ini saja area proyek sudah penuh alat berat. Kondisi jalan disekitar proyek saja sempit dan sudah padat lalu lalang kendaraan proyek,” katanya.

Progres pembangunan kata Heru, saat ini sudah mencapai 1,8 persen dengan kondisi sekitar 200 bore pile sudah dipasang. Pihaknya optimis sampai 10 Desember, semua bore pile sudah terpasang sehingga tahapan selanjutnya bisa cepat terbangun.

“Percepatan pembangunan terus dilakukan. Mudah-mudahan sampai akhir Desember progresnya bisa mencapai 90%,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, pembangunan Pasar Johar Baru dilakukan selama 60 hari kerja. Agar mencapai target, pihaknya ikut memantau perkembangan setiap minggunya.

“Karena pasar ini dianggarkan oleh Kementrian Perdagangan, kami selaku Dinas Perdagangan Kota Semarang ikut mengawasi agar terlaksana sesuai jadwal pekerjaan,” ucapnya.

Mengingat waktu pekerjaan yang dinilai singkat, Fajar mengatakan, pihaknya akan meminta perpanjangan waktu ke pemerintah pusat agar pembangunan bisa terlaksana 100% pada akhir Januari 2018.