KKN, Ini Yang Dilakukan Mahasiswa MIT DR UIN Walisongo

KKN, Ini Yang Dilakukan Mahasiswa MIT DR UIN Walisongo

GROBOGAN, mediajateng.net – Khariru Rofiah, mahasiswa UIN Walisongo tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram Dari Rumah (KKN MIT DR). Dalam kegiatan KKN tersebut, Khariru memilih ikut terjun dalam kegiatan pos pelayanan terpadu (Posyandu) Melati Putih. Dirinya terjun langsung dalam pelayanan Posyandu yang berada di Desa Plosoharjo, Kecamatan Toroh, Rabu (10/2/2021).

Menurut Khariru, dirinya terjun ke tengah-tengah masyarakat yang sedang mengikuti kegiatan Posyandu yang digelar rutin setiap bulan tanggal 10 itu untuk melihat secara langsung aktivitas di pos pelayanan terpadu tersebut.

“Apalagi situasi dan kondisi masa pandemi ini, tentunya Posyandu tetap melaksanakan protokol kesehatan 3M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” jelas Khuriru.

Dalam kegiatan tersebut, Khuriru melihat langsung mekanisme kegiatan yang digelar di Posyandu tersebut. Mulai dari menimbang berat badan, mengukur tinggi badan/panjang badan balita, dan pengisian buku KIA. Balita juga mendapat Vitamin A dan obat cacing serta makanan tambahan berupa satu gelas bubur kacang hijau.

Sementara itu, Kader Posyandu Melati Putih, Dwi Listjyaningsih menjelaskan, bulan ini para balita mendapatkan vitamin A dan obat cacing sesuai dosis umur. Keduanya sangat bermandaat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas.

“Posyandu bulan ini balita mendapat vitamin A dan obat cacing sesuai dosis umur masing-masing balita. Pemberian obat cacing dan vitamin tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh balita terhadap penyakit infeksi. Apalagi disaat pandemi seperti ini,” ujar Dwi Listyaningsih.

Sementara itu, Ketua Posyandu Melati Putih Siti Nurjanah, berterima kasih hadirnya mahasiswa KKN yang membantu kegiatan rutin Posyandu Melati Putih tersebut. Menurutnya, dengan hadirnya Khariru Rofiah di tengah-tengah kegiatan posyandu tersebut dapat membantu tugas kader yang melayani masyarakat.

“Saya sangat berterimakasih kepada mahasiswa KKN yang telah membantu dalam kegiatan rutin posyandu bulan ini. Dengan hadirnya Mbak Khariru ini, sedikit meringankan tugas kader. Pokoknya saya mengucapkan terima kasih,” ujarnya. (Ag-MJ)