Ketua PITI Banyumas Yusuf Gunawan Meninggal Dunia

Banyumas, mediajateng.net – Yusuf Gunawan Santoso meninggal dunia di usia 66 tahun, pada Sabtu malam, 11 September 2021. Yusuf Gunawan dikenal sebagai Ketua Persatuan Islam Tionghoa (PITI) Kabupaten Banyumas, ia menghembuskan nafas terakhir Rumah Sakit Geriyatri Purwokerto sekitar pukul 18.30 WIB.

Kabar duka ini disampaikan oleh salah satu Pengurus MUI Kabupaten Banyumas di Grup WA MUI

“Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Telah meninggal dunia Bapak H. Yusuf Gunawan (Beliau termasuk pengurus MUI Banyumas periode 2015-2020) tadi sekitar jam 18.30 di Rumah Sakit Geriyatri Purwokerto. Semoga Almarhum Husnul Khotimah.. Aamiin…”

Yusuf Gunawan Santoso lahir dengan nama Tionghoa Khoe Ting Ay, ia selaku sesepuh sekaligus Ketua PITI. Banyumas yang mendirikan Masjid Andre Al Hikmah Wlahar Kulon Patikraja Kabupaten Banyumas.

Menjadi mualaf bukan perkara mudah bagi Khoe Ting Ay. Ia mendapat ujian berat di awal kepindahannya memeluk Islam pada tahun 1989.

Tantangan terberat dia adalah meyakinkan keluarga besarnya agar bisa menerimanya utuh sebagai seorang muslim. Maklum, keluarganya adalah pemeluk non muslim yang taat.

Ia pun rela meninggalkan keluarga termasuk bercerai secara baik baik dengan istrinya yang sudah tidak seiman. Maka ia pindah dari Jakarta ke Wlahar Kulon Patikraja untuk memasuki kehidupan baru sebagai seorang muslim.

Jenazah H Yusuf Gunawan Santoso dimakamkan hari ini Minggu (12/09/2021) di Pemakaman Umum Desa Wlahar Kulon Patikraja. (MJ/50)