Ketua Dewan: Ada Apa dengan Dinas Pendidikan Kota Semarang?

SEMARANG, Mediajateng.net – Kegagalan 380 siswa SMAN 3 Semarang dalam SNMPTN masih menyisakan beragam tanya. Terlebih usai dipastikan bahwa pihak SMAN 3 Semarang lah yang bersalah. Sampai saat ini, dimana peran Dinas Pendidikan Kota Semarang dalam penyelesaian kasus.
Beberapa waktu lalu, Menristekdikti, M. Nasir mengungkapkan bahwa dalam kasus gagalnya ratusan siswa dari salah satu SMAN favorit di Kota Semarang tersebut, pihak sekolahan lah yang melakukan kesalahan. M. Nasir pun menegaskan pihaknya pun telah memanggil dan melakukan penelusuran terhadap panitia beserta sistem yang diterapkan.
Sampai pernyataan itu keluar, Dinas Pendidikan Kota Semarang dianggap tidak melakukan pergerakan apa pun. Suara lantang pun didengungkan Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi. “Bagaimana ini kinerja teman-teman di Dinas Pendidikan? Kok tenang-tenang saja,” kata dia.
Menurut Supriyadi, tidak semestinya Dinas Pendidikan Kota Semarang diam diri, atau bergerak minimalis dalam usaha pengungkapan dan penyelesaian kasus ini. “Ini yang jadi korban bukan hanya satu, tapi ratusan siswa lho. Kok mereka masih santai-santai saja,” keluh Supriyadi.
Politisi PDIP tersebut juga mencurigai tindakan diam diri Dinas Pendidikan atas polah Kepala Sekolah SMAN 3 Semarang, Bambang Nianto Mulyo. “Ini dinas ada apa? Ada kasus seperti ini, bukan hanya Kepala Sekolahnya, kinerja dinas terkait juga lemah dalam hal ini soal pengawasan dan pembinaan,” kata dia. (MJ-069)

Comments are closed.