DEMAK, Mediajateng.net – Kapolres Demak, AKBP Maesa Soegriwo, meminta kepada seluruh anggota Polres Demak, agar tidak berselfie ria saat mengawal pasangan calon yang bertarung dalam Pilkada Jateng 2018.

Hal itu untuk menjaga netralitas Polri selama gelaran pesta demokrasi di Jateng 2018.

“Saat tugas pengamanan, pengawalan, anggota kami larang foto selfie atau foto dengan para calon yang mungkin nanti diunggah di medsos atau di media lainnya,” kata Maesa di kantornya, Sabtu (10/2).

Menurutnya, dengan berfoto selfie, tentunya foto-foto tersebut dapat menimbulkan penilaian yang berlawanan dengan prinsip netralitas.

“Larangan itu untuk mencegah timbulnya kesalah pahaman, yang menunjukkan seolah olah polisi mendukung pasangan calon tertentu dalam Pilkada Jateng 2018. Kami tegaskan bahwa TNI dan Polri Netral. Itu harga mati dan tidak bisa ditawar lagi,” tegasnya.

Pelarangan berswa foti itu, menyusul adanya pernyataan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, pada bulan Januari lalu, saat menghadiri rapat gabungan antara DPR, Polri, KPK, KPU, Kemendagri, dan Kejagung yang menyerukan larangan berfoto selfie dengan pasangan calon.