BANJARNEGARA, Mediajateng.net- Kesehatan masyarakat yang menjadi korban tanah bergerak di dusun Kalientok, desa Kebutuhjurang, Kecamatan Pagedongan terus dipantau.

Pemantauan untuk mengetahui perkembangan kondisi kesehatan dilakukan tim kesehatan PMI Banjarnegara.

Humas PMI Banjarnegara M Alwan Rifai, Jumat (1/3/2019) mengatakan, pelayanan kesehatan untuk warga dan pengungsi dilakukan PMI bersama bidan desa agar pengungsi terlayani dengan baik dan terjaga kesehatanya.

“Tinggal di lokasi pengungsian tentu jauh berbeda kondisinya dengan berada dirumah, akses sanitasi, air bersih dan mobilitas warga menjadi perhatian agar tidak menjadi pemicu timbulnya penyakit,” katanya kepada Mediajateng.net.

Perhatian kepada pengungsi salah satunya difokuskan kepada balita dan anak anak. Dari 87 jiwa yang mengungsi 11 anak dan balita ikut berada didalamnya.

PMI bersama puskesmas terdekat dan bidan desa juga memastikan stock obat obatan cukup. Bila ditemukan warga yang mengeluh kesehatanya akan dilakukan penanganan dan proses rujuk untuk dapatkan penanganan yang baik.

Kepala desa Kebutuhjurang Sujarwo mengatakan sejauh ini kondisi warga dan pengungsi yang menjadi korban tanah bergerak di dusun Kalientok dalam kondisi baik.

“Alhamdulillah semua dalam kondisi sehat dan baik meski tinggal dipengungsian, langkah kordinasi penanganan jika ditemukan kasus selalu kami lakukan bersama petugas terkait,” katanya.

Pihaknya berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan bersimpati terhadap musibah dan bencana yang melanda wilayahnya.50/mj