SEMARANG, Mediajateng.net – Tidak saja persaingan lokal, namun guna meningkatkan daya saing dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam dunia kerja, Lembaga Pelatihan Kerja Jantung Hati Motivation Center (JHMC) menggelar Gathering Knowledge 2018 di Hotel Dafam Semarang.

Kegiatan yang dilaksanakan Senin dan Selasa (7-8/5/18), diikuti puluhan peserta dari berbagai kota dan latar belakang pekerjaan.

Mulai dari pelaku usaha, eksekutif muda, kontraktor, manager perusahaan, karyawan swasta hingga para pencari kerja.

Menurut Direktur JH Motivation Center, Rini Purwandari, kegiatan ini digelar sebagai wujud kepedulian dibidang SDM yang perkembangannya sudah tidak terbendung lagi. Pelatihan yang digelar ini, kata dia, difokuskan pada pembentukan karakter dan personality dalam dunia kerja. Dengan demikian, pekerja lokal mempunyai pribadi yang unggul berkualitas sehingga tidak kalah dengan kualitas SDM dari tenaga kerja asing.

“Kami memberikan sarana prasarana belajar bagi insan yang ingin mengembangkan potensi diri, mau bersaing didunia kerja dan yang penting lagi yang ingin meningkatkan kualitas para karyawan dan staff. Kami sediakan banyak metode dan pelatihan dengan berbagai cara. Nantinya, kami juga bantu untuk penyaluran kerja,” katanya disela-sela acara.

Rini menjelaskan, materi yang akan diberikan pada peserta selama dua hari diantaranya, Building Performance Excellence, Extraordinary Relationships, Strategic Leadership, How to be The Great Manager dan Table Manner. Sedangkan pemateri yang dihadirkan yakni dari praktisi konsultan leadership, Ir Agung Purnomo MM dan Founder Focus Solusi SDM, Jamaludin El-bima Psi.

“Kami berharap materi yang disampaikan bermanfaat dan kegiatan ini bisa berkesinambungan kedepannya. Selain Kota Semarang, kami juga menggelar di kota lain seperti Jakarta,” tambahnya.

Salah satu pembicara, Jamaludin El-bima mengatakan, lembaga pelatihan kerja seperti JH Motivation Center ini mempunyai kontribusi nyata dalam pengembangan SDM. Program pelatihan dan seminar yang kerap diselenggarakan mampu menjawab tantangan dalam dunia kerja yang terus maju dan berkembang.

“Tingkat persaingan sudah tinggi dalam dunia kerja. Para pekerja lokal harus banyak belajar dan berlatih hingga punya keunggulan. Kerja juga harus fokus. Makanya, materi yang akan saya sampaikan itu mengenai fokus. Bagaimana fokus dalam bekerja, belajar dan berlatih,” katanya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekertaris Disnaker Kabupaten Semarang, Dra Nanik, menyampaikan sambutannya atas kegiatan tersebut. Menurutnya, JH Motivation Center sejalan dengan program pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas SDM. Apalagi kata dia, sekarang ini banyak tenaga kerja asing masuk ke wilayah Indonesia.

“Pelatihan kerja seperti yang diselenggarakan JH Motivation Center ini sangat membantu penyerapan tenaga kerja lokal. Mereka juga punya daya saing tinggi dan berkualitas. Hal ini penting karena tenaga kerja asing mudah masuk ke wilayah Indonesia. Seperti yang disebutkan di Perpres No. 20 Tahun 2018,” ujarnya dalam sambutan.

Nanik berharap para peserta yang mengikuti program pelatihan kerja bisa menerapkan didunia kerja nyata. Pihaknya juga mengapresiasi pelatihan kerja yang dilakukan oleh kalangan swasta karena pemerintah membutuhkan sinergi dengan pihak luar pemerintahan.(fajar-mj)