Kereta Api Barang Bermuatan Semen Anjlok di Doplang

0
Petugas tiba dilokasi kereta anjlok
Petugas tiba dilokasi kereta anjlok

BLORA, mediajateng.net – Insiden kecelakaan Kereta Api kembali terjadi. Kali ini, KA barang muatan semen anjlok di sebelah barat Stasiun Doplang, Kabupaten Blora, Kamis (12/12) siang.

Peristiwa ini kali pertama diketahui Suyatno (42) dan Nursanti (38), warga Doplang, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora. Menurut mereka, kereta yang berjalan dari arah barat ke timur.

Insiden kecelakaan KA barang ini dibenarkan Manajer Humas KAI Daop IV Semarang, Krisbiyantoro. Dalam keterangan rilisnya, KA barang semen yang mengalami anjlok bernomor loko CC2061321.

Kereta ini mengangkut 1.136 ton semen dengan 20 gerbong tergelincir dari jalur KA barang Stasiun Kampungbadan menuju Stasiun Kalimas. Tepatnya di KM 52+926 jalur 2 Stasiun Doplang.

“Rangkaian KA Barang semen yang mengalami musibah, pada urutan gerbong ke-10 sampai dengan urutan terakhir,” ujar Kris, sapaan akrabnya.

Beredar kabar tergulingnya KA barang ini membuat jalur perjalanan KA terganggu, Krisbiyantoro menjelaskan emplasemen Stasiun Doplang masih dapat digunakan untuk operasional KA, baik dari barat maupun timur.

“Pola operasi yang digunakan adalah pengoperasian jalur tunggal yang masih berfungsi yaitu jalur hilir,” ujarnya.
Mendapatkan informasi anjloknya KA barang, petugas sarana menyiapkan pertolongan yang sudah berangkat dari stasiun Poncol pukul13.08 WIB dan akan sampai lokasi kurang lebih pukul 14.40 WIB untuk segera lakukan evakuasi.

“Juga ada bantuan crane khusus untuk dari Cirebon dan dari Solo yang sudah menuju ke lokasi juga. Crane dari Solo berangkat pukul 12.34 WIB dan dari Cirebon pukul 12.38 WIB,” tambahnya.

Kris menjelaskan, penyebab kejadian saat ini masih dalam pengusutan petugas. (Ag-MJ)