SEMARANG, Mediajateng.net- Bukan hanya peduli akan pendapatan perusahaan, namun semangat dan kepedulian juga dilakukan The Gade.

Tidak saja memberi saldo tabungan emas kepada orang yang peduli dengan lingkungan, namun karyawan dan jaringan juga dilibatkan dalam kegiatan peduli lingkungan yang digelar di Pantai Maron, Kota Semarang, Sabtu (6/4/2018) bahkan tercatat di buku rekor Indonesia Leprid.

Kepedulian terhadap lingkungan, dilakukan dengan tindakan nyata berupa pembersihan kawasan pantai Maron, Kota Semarang.

Tidak saja di Kota Semarang, namun kegiatan tersebut diadakan secara serentak di 12 lokasi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dengan melibatkan 6.000 orang.

Di Kota Semarang, peserta yang terlibat dalam kegiatan Gold for Work ini, mencapai 700 orang. Alhasil, pantai yang penuh sampah langsung beraih dan nyaman dibuat bermain bagi anak anak.

Direktur Utama Pegadaian, Kuswiyoto mengatakan bahwa Gold for Work ini adalah bentuk kepedulian Pegadaian terhadap lingkungan, serta terhadap ekonomi masyarakat di Indonesia.

“Ini merupakan program pemerintah yang dikolaborasikan dengan program sosial Pegadaian, memilah sampah menjadi tabungan emas,” katanya.

“Setiap peserta yang ikut pada Gold fat Work akan diberikan upah berupa tabungan emas. Kemudian masyarakat dapat menambah saldo tabungan emas di outlet Pegadaian. Melalui ATM atau menggunakan aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS),” Kata Kuswiyoto di Sumenep, Madura, Jawa Timur yang disiarkan langsung melalui online ke 12 lokasi kegiatan.

Kuswiyoto menjelaskan untuk menukar sampah menjadi emas harus melalui proses tedebih dahulu, yaitu tim dari Pegadaian akan memilah sampah organik dan non organik, ditimbang, dan dinilai harganya. Selanjutnya tim Pegadaian akan menetapkan harganya untuk ditukar dengan tabungan emas.

“Dengan cara ini lingkungan kita akan menjadi Iebih bersih dan tidak hanya itu, ekonomi kita akan meningkat karena memiliki tabungan emas yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan.”

Pada kegiatan tersebut, Kuswiyoto menyerahkan bantuan kepada warga Sumenep bempa bangunan bank sampah, mesin pres, mesin pencacah plastik, Sepeda motor bak sampah. adan berbagai peralatan |amnya senilai Rp 336,8 juta.

Sementara itu, kegiatan Gold for Work juga melibatkan lkatan lstri Pejabat Badan Usaha MW Negara (HP BUMN) dan lkatan lstri Karyawan Pegadaian (HKP), yang dipimpin langsung oleh lstri dari Direktur Utama Pegadaian, Endah Kuswiyoto. Pada kegiatan ini, IIP dan KP berfokus terhadap bersih-bersih lingkungan.

Gold for Work di Iaksanakan secara serentak di 12 kota yaitu Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta 1 Kemayoran, Jakarta 2 Tangerang, Bandung, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Manado, Makassar, dan Denpasar.

Kegiatan utama dipusatkan di Marengan Daya, Sumenep, Madura yang dihadiri Menteri Rini M. Soemamo beserta para pejabat Kementerian BUMN, Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto. serta para Direksi BUMN. Acara tersebut mempakan bagian dan’ rangkaian kegiatan perayaan HUT Pegadaian dan HUT Kementerian BUMN.mj/50