Kepala Satpol PP : Banyak yang Lalai, Pengunjung Taman Pancasila Dihimbau Patuhi Prokes

Tegal, mediajateng.net, – Antusias warga Kota Tegal terhadap pembukaan area Taman Pancasila, terbilang tinggi. Warga berbondong-bondong datang untuk melihat secara langsung destinasi wisata baru tersebut.

Tidak hanya warga setempat, banyak juga wisatawan luar Kota Tegal penasaran dengan wajah baru Taman Pancasila. Selama ini mereka hanya mengetahui lewat media sosial sehingga mengundang rasa ingin tahu untuk datang langsung mengunjungi Taman Pancasila.

Banyaknya pengunjung yang berdatangan itu berdampak pada lingkungan sekitar Taman Pancasila. Dari pantuan di lokasi, kerumunan pengunjung terlihat jelas terutama pada sore dan malam hari.

Satpol PP Kota Tegal bahkan menemukan masih banyak masyarakat yang lalai protokol kesehatan di area Taman Pancasila Kota Tegal. Kelalaian protokol kesehatan tersebut terutama dalam hal menjaga jarak sehingga banyak kerumanan pengunjung.

Kepala Satpol PP Kota Tegal, Hartoto mengatakan, penerapan protokol kesehatan di area dalam taman itu tertib. Seperti jumlah pengunjung dibatasi sebanyak 50 orang per 20 menit. Mereka yang ingin masuk juga wajib menunjukkan kartu sudah mengikuti vaksinasi Covid-19.

Tetapi berbeda dengan di luar taman, banyak masyarakat yang justru membuat kerumunan.

“Yang di luar ini jadi masalah. Banyak masyarakat yang masih berkerumun. Khususnya pada akhir pekan,” kata Hartoto, belum lama ini.

Pihaknya padahal sudah memberikan imbauan dan menegur pengunjung yang lalai protokol kesehatan. Tetapi sebagian masyarakat masih ada yang mengabaikan.

Hartoto berharap, masyarakat yang akan berkunjung punya kesadaran untuk terap menerapkan protokol kesehatan. Ia menilai kesadaran dari masing-masing masyarakat sangat diperlukan guna mencegah terjadinya penuluran Covid-19.

Hartoto juga mengimbau kepada para pengunjung Taman Pancasila agar tidak berkunjung serentak di akhir pekan. Karena kesempatan berkunjung ada setiap hari, termasuk hari aktif senin sampai jumat.(*)