GROBOGAN, Mediajateng.net – Terobosan dibidang sosial dan kemanusiaan terus dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Setelah membuka pelayanan kesehatan di stasiun, perusahaan jasa transportasi plat merah tersebut kembali meluncurkan Rail Clinic.
Di Daop IV Semarang, gerbong yang dikhususkan untuk pelayanan kesehatan itu sempat melayani kesehatan bagi warga Desa Kedungjati, Kabupaten Grobogan. “Kehadiran rumah sakit kereta atau Rail Clinic menjadi salahsatu harapan kegiatan pelayanan di kawasan terpencil yang susah terjangkau darat namun berada di sekitar perlintasan kereta api,” ungkap Gatut Sutiyatmoko, Rabu (11/5).
Gatut menejelaskan, kereta yang bisa dimanfaatkan untuk pemeriksaan dan pengobatan bagi pasien di daerah sekitar perlintasan tersebut, siap beroperasi di sejumlah titik di sekitar stasiun di seluruh wilayah Indonesia. “Untuk pertama kalinya, Rail Clinic atau disebut kereta kesehatan menyambangi Stasiun Kedungjati. Kereta dua gerbong yang baru diresmikan 12 Desember 2015 lalu. Sebelum di Kedungjati, kereta juga pernah melakukan pelayanan kesehatan di Weleri, Kendal,” tambah Gatut.
Gatut menambahkan, selain kegiatan baktisosial bakti sosial pengobatan dan penyuluhan kesehatan hingga pemberian kacamata baca secara gratis. ”Dalam rangka program BUMN Hadir untuk Negeri, PT KAI memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat,” imbuhnya.
Terkait pengoperasionalan rumah sakit berjalan, Winoto, Camat Kedungjati, merasa senang. Pasalnya, warga di sekitar setasiun bisa merasakan berobat di dalam kereta. Karenanya, dia berharap kereta bisa sering mampir di Stasiun Kedungjati. “Diharapkan warga dapat memanfaatkan layanan kesehatan ini dengan sebaik-baiknya dan mengajak warga lain untuk ikut serta dalam kegiatan pengobatan gratis ini,” ujarnya.
Antusias masyarakat Kedungjati dalam memanfaatkan momentum ini sangat tinggi, tercatat 397 pasien yang melakukan pemeriksaan/pengobatan, terdiri dari 346 masyarakat umum serta 51 murid SD yang melakukan pemeriksaan mata sekaligus mendapatkan kaca mata gratis.
Turut hadir dalam kesempatan tersebut jajaran manajemen Daop 4 Semarang, Kapolsek, Danramil, Lurah dan Kepala Puskesmas wilayah Kedungjati, serta Ketua RW dan RT setempat. (Mj070)

5 KOMENTAR

  1. We are now not guaranteed the place you happen to be having your info, nevertheless excellent issue. My spouse and i must invest some time understanding far more and also identifying a lot more. Appreciation for excellent details I’d been hunting for this info in my quest.. video youtube terbaik

Comments are closed.