Kecamatan Gunungpati Siap Gelar Festival Hasil Pertanian

2
2209
Foto : Camat Gununpati Semarang Bambang Pramusinto
SEMARANG,Mediajateng.net – Setelah festival durian digelar belum lama ini, Pemkot Semarang dalam waktu dekat akan mengadakan festival hasil pertanian wilayah Gunungpati. Menurut Camat Gunungpati Bambang Pramusinto, semua potensi lokal mulai dari hasil pertanian hingga seni budaya di wilayah Gunungpati akan dipamerkan.
“Meski sudah ada berbagai festival yang serupa, namun festival kali ini setidaknya akan memperkaya kegiatan di Kota Semarang. Festival ini merupakan prakarsa dari dinas pertanian kerjasama dengan Kecamatan Gunungpati,” ujarnya.
Bambang mengatakan, acara tersebut diharapkan mampu mengangkat motivasi para petani durian untuk berkarya lebih giat.
“Seperti kita ketahui, sekarang ini jumlah petani durian di wilayah Kecamatan Gunungpati terus berkurang. Makanya kami gandeng dinas pertanian menggelar acara ini,”tambahnya.
Bambang mengatakan juga, festival ini bisa menjadi ajang kombinasi seniman dan wisata di wilayah gunungpati sehingga diharapkan bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat sekitar.
“Dengan sentuhan budaya lokal seperti campur sari dan musik tradisional, festival kali ini tentunya akan memiliki kesan berbeda dari festival serupa lain yang pernah diadakan,” katanya.
Bahkan menurut Bambang, dalam festival ini akan di luncurkan lagu  dengan judul durian gunung pati. Penyelenggaraan festival dipastikan akan diadakan di waduk Jatibarang karena lokasi dan namanya sudah mulai dikenal.
Meski acara resmi baru diadakan pada tanggal 5 februari, namun pada tanggal 4 Februari akan didahului dengan kegiatan selamatan yang dikemas dengan selamatan sekar jagad. Karena dinamai festival pertanian maka khusus di gunung pati, nantinya bukan hanya buah durian lokal saja yang dipamerkan, namun terdapat hasil pertanian lain seperti kelengkeng jambu kristal dan buah lain yang semuanya tumbuh di wilayah Gunungpati.
“Apalagi saat ini di Gunungpati sekarang telah berhasil membudidayakan durian lokal yaang dinamai montong gunung pati atau disingkat monti. Durian itu memiliki berbagai keunggulan seperti rasanya yang nikmat dan beratnya bisa mencapai 8 kilogram,” tandasnya.(M.J090)

2 KOMENTAR

Comments are closed.