SEMARANG,Mediajateng.net – Api besar yang berkobar di komplek perdagangan di Kota Semarang, Kamis (22/3) sekitar pukul 05.00 tidak saja memaksa ratusan warga dan pedagang menghentikan kegiatan.

Namun, api yang membakar Tyie Lam Tjay atau penitipan abu pembakaran jenazah di komplek makam Tay Kak Sie di Jalan Gang Lombok, Semarang Tengah, kebakaran, sebabkan Om Lay lansia berusia 80 tahun yang bertugas menjaga abu tewas di lokasi.

“Om Lay, penjaga Tyie Lam Tjay terjebak api di dalam ruangan. Saat api membesar tidak sempat selamatkan diri,” kata Cik Sien, pengelola saat ditemui di lokasi, Kamis (21/3).

Api yang cepat menyebar di bangunan berkontruksi kayu berusia ratusan tahun itu, dengan cepat merembet dan membakar tiga bangunan. Api diperkirakan dari bangunan bangunan tengah Tyie Lam Tjay atau tempat penitipan abu.

Usaha warga dan pengelola untuk menyelamatkan korban tidak berhasil karena cepatnya api membesar. Saksi yang datang ke lokasi berupaya mendobrak pintu untuk selamatkan korban namun kontruksi bangunan yang kuat sehingga dirinya tidak mampu membuka l.

Baru setelah petugas datang korban yang sudah kondisi tewas bisa dievakuasi.

“Saya lihat dari dalam bapake sudah lemas minta tolong tapi saya dobrak pintu sudah tidak bisa, karena di kunci dari dalam. Bapak memang sudah tua, waktu itu saya lihat korban dalam posisi setengah duduk,” katanya.

Oleh warga, kebakaran awalnya diduga karena adanya warga yang membakar sampah menjelang subuh. Namun,

“Sama dengan warga lain. Saya kira dari sampah, tahunya saat di cek lagi kok ada asap dan api dari dalam kelenteng itu, saya langsung kasih tahu teman terus ambil alat pemadam,” akunya..

Menurut Cik Sien, pengelola klenteng, di kelenteng berisi lilin sembahyang dan yongchua.

Untuk memadamkan api, sebanyak 12 mobil Pemadam Kebakaran (damkar) datang untuk menyelamatkan bangunan klenteng yang masuk bangunan cagar budaya.

Danton 2 Damkar Kota Semarang, Agus N, menjelasksn, api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 06.00 dan petugas melakukan evakuasi terhadap korban.

Sebelumnya dalam proses pemadaman, satu orang anggotanya terluka lantaran tertimpa runtuhan kayu yang terbakar.

“Anggota sudah bisa dikondisikan. Tadi langsung ditangani,” katanya.

Kapolsek Semarang Tengah, Kompol Adi Nugroho mengatakan penyebab kebakaran belum diketahui.

“Dugaannya belum tahu, nanti tim Labfor datang untuk lakukan olah tempat kejadian perkara,”katanya.mj/50