Karang Taruna Tunas Muda Berprestasi Tingkat Kota Semarang

0

SEMARANG, Mediajateng.net, – Karang Taruna Tunas Muda Kelurahan Bendan Nduwur berhasil memperoleh nilai tertinggi dengan menyisihkan dua kandidat lainnya dalam lomba Karang Taruna Prestasi yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kota Semarang.

Dua kandidat tersebut yakni Karang Taruna Satria Karya dari Kelurahan Tandang dan Karang Taruna Kelurahan Panggung Kidul kecamatan Semarang Utara.

Lomba Karang Taruna Prestasi merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan dari tingkat Kabupaten/Kota, Propinsi sampai tingkat Nasional. Dengan kemenangan yang diraih, Tunas Muda akhirnya berhak mewakili Kota Semarang untuk maju ke tingkat propinsi Jawa Tengah.

Lurah Bendan Nduwur R.B.A Santoso Wahyu Mahardi, SH didampingi Sekretaris Kelurahan Setyowati Supadmi, SH, mengaku bangga atas prestasi yang diraih Karang Taruna yang berada di wilayahnya.

“Kami hanya memberi fasilitas semampunya saja, namun berkat kreatifitas teman teman alhamdulillah bermanfaat dan menghasilkan prestasi”, ungkap Setyowati.

Ketua Karang Taruna Tunas MudaSudharmono mengaku bangga atas pretasi yang diraihnya.  Hal ini merupakan kerja keras dan kekompakan seluruh pengurus. Kedepan pihaknya berharap untuk dapat meningkatkan prestasinya dan bisa mewakili Jawa Tengah di tingkat nasional.

“Kami juga memohon bimbingan dari para pembina Karang Taruna agar kami bisa menghasilkan karya dan prestasi nyata ke depan,” harapnya.

Penilaian Karang Taruna Prestasi dikawal langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kota Semarang, melalui Kasi Pemberdayaan Potensi Kesejahteraan Sosial Dra Luluk Wulan Sari. Luluk yang sebelumnya menjabat kasi pembangunan kecamatan Gayamsari sangat apresiasi terhadap Karang Taruna Kota Semarang, ditengah gencarnya teknologi yang ada.

“Anggota Karang Taruna ini bisa kompak, terutama dalam hal menggunakan teknologi untuk dapat meningkatkan kesejahteraan lingkungannya. Meskipun sering mengunakan sosmed Karang Taruna harus selalu tanggap dengan aksi sosialnya,” tambah Luluk.

Ketua Karang Taruna Kota Semarang yang sekaligus menjadi Ketua Dewan Juri, IG Ananta Wijaya menyampaikan, penilaian Karang Taruna berprestasi terbagi dalam tiga tahap. Tahap pertama tiap peserta mengirim profil Karang Tarunanya masing-masing.

Tahap pertama peserta yang mengirim profil 16 peserta. Tahap kedua presentasi dan di tahapan ini menyisakan 6 peserta, dan tiap peserta wajib presentasi menyampaikan program unggulan yang ada. Tahap ketiga tinggal menyisakan 3 kandidat juara sekaligus menentukan penilaian terakhir dengan pengecekan lapangan.

Dari hasil penilaian akhir, Karang Taruna Tunas Muda dari Kelurahan Bendan Nduwur mampu meraih nilai tertinggi dan berhak meraih juara pertama dan selanjutnya mewakili kota Semarang ke tingkat propinsi Jawa Tengah.

“Selama tiga tahun berturut turut kita mampu meraih 5 besar di tingkat Propinsi bahkan pernah mewakili ke tingkat Nasional. Saya berharap tahun depan juara Karang Taruna prestasi tingkat Nasional diraih oleh Tunas Muda”, ungkap Ananta. (ot/mj)