DEMAK, Mediajateng.net – Media harus ikut berperan dalam membangun dan mencerdaskan bangsa. Hal itu dikatakan oleh Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar, saat menggelar silaturahmi dan dialog interaktif bersama wartawan.

Kegiatan yang diadakan di Rumah Makan Kalijaga, Jalan Lingkar Demak itu, diikuti oleh wartawan cetak, online dan tivi yang sehari hari bertugas meliput di Demak.

Acara itu juga turut dihadiri sejumlah perwira Polres Demak, diantaranya Kasat Lantas AKP Eko Rubiyanto, Kasat Reskrim AKP Aris Munandar, Kasat Resnarkoba AKP Paryudi dan Kasat Intelkam AKP Moch Yusuf.

Menurut Bahtiar, peran media sangat strategis, utamanya dalam memberitakan dan memberikan informasi kepada masyarakat serta menyalurkan aspirasi.
Media juga sebagai kontrol sosial bagi pemerintah maupun stakeholder lainnya, termasuk Polres Demak.

Di dalam menyajikan sebuah pemberitaan, Kapolres mengajak para awak media agar bijak menyikapi berita yang nantinya dapat menimbulkan konflik antara suku, agama, ras maupun golongan.

“Kami berharap, teman-teman jurnalis dapat arif dan bijak dalam mengelolah pemberitan di Kabupaten Demak, utamannya soal Kamtibmas. Dari sisi bahasa, tentunya dikemas lebih santun, bijak dan beretika. Pemberitaan yang bernada kebencian, tentunya rawan menimbulkan konflik,” katanya.

AKBP Bahtiar mengapresiasi media di Demak yang dapat bersinergi dengan Polres Demak. Ia berharap sinergitas yang sudah terjalin dengan baik menjadi semakin erat , bukan sebatas mitra namun menjadi hubungan kekeluargaan.

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan, tatap muka dan dialog yang digelar bersama para wartawan, tujuannya untuk menyerap masukan baik itu saran maupun kritik dari kedua pihak, utamanya tentang pelayanan tugas kepolisian.

“Jadi, ada saling keterbukaan dalam memberikan informasi, dan kami harap insan pers dapat membantu Polri dalam menciptakan Kamtibmas dengan menangkal berita hoax yang sering berkembang di masyarakat. Selain itu, peran media sangatlah penting untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk,” bebernya.
“Kawan – kawan jurnalis bukan sekedar mitra kita, tapi juga keluarga,” pungkasnya.