GROBOGAN, Mediajateng.net- Kerukunan antarumat beragama memang sangat penting mengingat di Indonesia terdapat keanekaragaman agama yang dianut masyarakat. Karena itu, adanya kerukunan dapat menciptakan suasana aman dan nyaman dalam kehidupan bermasyarakat.

Kapolres Grobogan, AKBP Choiron El Atiq, sangat mengapresiasi masyarakat serta seluruh unsur yang ada dalam menjaga kerukunan antarumat beragama. Pernyataan tersebut dikatakannya dalam acara Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Rapat Koordinasi dengan FKUB dan Tokoh Lintas Agama se Kabupaten Grobogan, Rabu (9/1/2019).

“Kami memberi apresiasi yang tinggi atas segala upaya masyarakat serta semua lapisan unsur yang ada dalam menjaga kerukunan antarumat beragama. Meski banyak isu-isu negatif yang berkembang. Akan tetapi, tidak mempengaruhi kehidupan beragama di Grobogan,” papar AKBP Choiron.

Menurut AKBP Choiron, pihaknya memahami betul bahwa peranan tokoh agama di wilayah hukum Polres Grobogan sangat penting. Dengan adanya FGD ini, diharapkan dapat meningkatkan wawasan dalam menciptakan hubungan yang harmonis dan toleransi kerukunan antarumat beragama di Kabupaten Grobogan ini. Terutama, saat akan menghadapi pesta demokrasi yang akan diselenggarakan April 2019 mendatang.

Dalam kegiatan yang dilangsungkan di Ballroom Hotel Front One Purwodadi ini, AKBP Choiron juga memaparkan perlu adanya dukungan dari semua pihak, salah satunya tokoh agama dalam menjalankan tugas keamanan dan ketertiban masyarakat. Tokoh agama yang ada di Kabupaten Grobogan ini, lanjut dia, mempunyai peranan yang vital. Terutama dalam membina umatnya.

“Untuk menjalankan tugas tersebut, tidak dapat dilakukan sendiri. Karena itu, Polres Grobogan membutuhkan dukungan dari semua lapisan masyarakat, terutama tokoh agama. Berdasarkan kultur masyarakat Grobogan, tokoh agama selalu menjadi panutan,” ungkapnya.

Secara umum, lanjut dia, kehidupan umat beragama di Kabupaten Grobogan saat ini dalam suasana damai dan aman. Meskipun, isu-isu negatif terus berkembang secara nasional, namun masyarakat Grobogan tidak ada yang terpengaruh sama sekali.

Di akhir sambutannya, Kapolres mengajak para tamu undangan yang mayoritas adalah tokoh agama dan masyarakat Grobogan untuk meningkatkan semangat gotong royong. Harapannya, pada pelaksanaan Pemilu 2019 nantinya dapat terjaga dengan suasana aman dan damai.

“Kami berkomitmen untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang damai, aman, dan beriklim sejuk. Untuk mewujudkannya, bantuan dari instansi terkait serta seluruh elemen masyarakat, termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda sangat kami harapkan,” tutupnya. (Ag-MJ)