Dosen fakultas hukum USM usai mengikuti penyegaran metodologi penelitian di kampus USM. Foto : ot/mj

SEMARANG, Mediajateng.net- Peningkatan kemampuan dosen bidang akademis, terus dilakukan.

Fakultas Hukum Univerisitas Semarang (USM) menggelar pelatihan metodologi penelitian hukum bagi dosen di kampus USM pada 6 Februari 2019.

Acara yang dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum USM B Rini Heryanti SH MH ini diikuti semua dosen fakuktas dengan menghadirkan narasumber Prof Erlyn Indarti SH MA PhD dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Rini Heryanti dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai seorang pendidik dituntut untuk melaksanakan Tri dharma Perguruan Tinggi salah satunya dharma yang kedua yaitu penelitian.

“Penyegaran Metodologi bagi dosen dimaksudkan utuk meningkatkan kemampuan dan memberikan pemahaman bagi dosen dalam melakukan penelitian terutama terkait dengan metodololgi yang digunakan, karena seorang peneliti harus dapat bertanggungjawab atas penelitianya berdasarkan paramater kebenaran ilmiah, Prinsip-prinsip penenelitian yang dilakukan seperti konsistensi, sistematis dan terukur harus dikedepankan,” ungkap Rini.

“Dalam mengkaji bidang ilmu pengetahuan, bidang kajianya nantinya akan berkaitan dengan obyek kegiatan serta metodologi yang digunakan,” imbuhnya.

Sukimin SH MH selaku ketua Panitia menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diikuti seluruh dosen fakultas hukum untuk memperdalam perbendaharaan filosofis dan metode penelitian hukum dan penelitian ilmu sosial tentang hukum.

Selain itu kegiatan ini juga membahas penelitian sosio-legal sebagai penelitian interdisipliner serta diskusi pengalaman penelitian sosio-legal dalam berbagai aspek dan tujuan akademik mapun advokasi.

Sedangkan Prof Erlyn menyampaikan materi yang meliputi disiplin Ilmu hukum dan metode penelitiannya, Perkembangan kajian pluralisme hukum dan dinamika metodologinya sertaTeknik penyusunan desain riset.ot/mj