DEMAK, Mediajateng.net – Tahapan kampanye sudah berjalan, KPU Kabupaten Demak telah membagikan puluhan alat peraga kampanye (APK) kepada masing-masing peserta pemilu, baik Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden maupun Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

APK tersebut merupakan APK resmi yang dicetak oleh KPU Jateng untuk KPU Demak. Sesuai peraturan, setiap peserta pemilu hanya mendapatkan 10 baliho dan 16 spanduk.

“APK resmi dari KPU sudah kami bagikan beberapa waktu lalu. Untuk proses pemasangannya kita serahkan sepenuhnya kepada peserta pemilu. Dipasang di titik mana, itu teknisnya terserah mereka, asalkan tidak melanggar ketentuan,” kata Bambang Setya Budi , Ketua KPU Demak, Senin (12/11/2018).

Menurut Bambang, masing-masing peserta pemilu dipersilakan memperbanyak APK tersebut, asalkan sesuai aturan yang telah ditentukan. Di mana peserta pemilu hanya diperbolehkan menggandakan baliho sebanyak 5 buah dan spanduk 10 buah untuk setiap desanya.

“Untuk tambahan APK, boleh mencetak sendiri, tapi hanya 5 baliho dan 10 spanduk saja,tidak boleh lebih,” ungkapnya.

Untuk pemasangan APK, lanjut Bambang, sesuai keputusan Bupati Demak dan juga peraturan KPU, tidak boleh dipasang di jalan protokol kabupaten, lembaga pendidikan, tempat ibadah serta fasilitas negara.

“Kalau melanggar aturan kampanye, tentunya sanksinya ya di tertibkan,” tutupnya.