Semarang, Mediajateng.net- Fungsi Pos Kamling yang selama ini terkesan hanya sebagai tempat penjagaan saja diharapkan bisa berfungsi sebagai tempat untuk mengantisipasi tindak pidana, penanggulangan bencana, dll. Hal ini disampaikan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Candisari Semarang, Iptu Dhayita Dhaneswari, saat meresmikan Pos Kamling di wilayah hukumnya, persisnya di RT 07 RW 02, Kelurahan Candi, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Minggu (28/8) malam.
Acara peresmian tersebut juga dihadiri Lurah Candi Suharni, masing-masing Ketua RT di RW 02 dan tokoh masyarakat serta perangkat desa setempat.

“Saya apresiasi kepada warga yang telah bergotong royong mendirikan pos kamling ini. Kegunaannya, saya berharap bukan hanya untuk pajangan saja atau unjuk kegagahan. Melainkan untuk menjaga wilayah terkait kejadian tindak pidana dan fungsi sosial lainnya” tegasnya

Lebih lanjut, alumni Akpol tahun  2012 ini juga menjelaskan beberapa fungsi utama keberadaan pos kamling. Diantaranya untuk antisipasi penanggulangan bencana alam .

Hal senada diungkapkan Kepala Kelurahan Candi ,Suharni yang menekankan kepada warga agar memiliki keinginan bersama dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

Sementara itu, Ketua RT setempat, Siswanto tak lupa mengucapkan terimakasih kepada para donatur,  khususnya para warga. Sebab, dikatakannya, pembiayaan pembangunan pos kamling ini selain berasal dari swadaya masyarakat, juga inisiatif serta kesadaran dari para donatur.

“Untuk menciptakan suasana yang aman dan nyaman, perlu sarana prasarana. Salah satunya pos kamling. Saya juga berharap masyarakat ikut tanggung jawab demi terciptanya suasana ketertiban dan keamanan masyarakat. Keamanan tidak tanggung jawab Polisi saja tapi juga kita bersama,”Pungkasnya (MJ-303)