Kader SSR MSI TBC Grobogan, Gelar Pelatihan

GROBOGAN, mediajateng.net – Puluhan Kader Yayasan Mentari Sehat SSR MSI TBC Kabupaten Grobogan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat melakukan pelatihan terkait penanganan, penemuan dalam pendampingan kasus penderita tubercolosis (TBC). Di aula dinas kesehatan setempat, yang digelar, Jumat-Minggu kemarin.

Ketua Yayasan Mentari Sehat SSR MSI TBC Kabupaten Grobogan Ibnu Wahyu Wibowo, mengatakan kasus pendertita tubercolosis (TBC) di Kabupaten Grobogan cukup tinggi, dimana pada tahun 2020. Dinas kesehatan setempat mencatat sebanyak 1.100 pasien atau penderita.

“Kegiatan pelatihan penyegaran kader TBC, bagamana kader ini menjaring suspek TBC. Kalau ada penderita batuk atau TBC untuk laksanakan screening di sekitar rumah, tetangga,” katanya.

Dijelaskan penyakit TBC mudah menular sehingga perlu penanganannya yang serius, meski penyakit tersebut dapat disembuhkan. Oleh itu, dengan pelatihan bagi para kader tersebut nantinya dapat mengetahui cara untuk memutus mata rantai TBC saat terjun ke lapangan untuk melakukan penemuan atas penderita.

Menurut pada awal 2021 itu pihaknya sudah menemukan secabayak 200 kasus TBC yang tersebar di kabupaten tersebut. Saat screening di desa untuk memutus mata rantai TBC. “Kader untuk penyuluhan kepada kelompok PKK, Posyandu, lansia jika ada tanda-tanda lngsung kita lakukan screening. Kader hanya membantu penemuan pasien TBC,” jelasnya.

Sementara salah satu Kader Inspirasi SSR MSI TBC Grobogan Komariah mengatakan, dengan adanya pelatihan tersebut dapat memotivasi para kader supaya dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik. Sehingga dapat memutus mata rantai penderita TBC. Di wilayah masing-masing kader.

“Kita juga memberikan motivasi pasien semangat untuk sembuh, ” katanya. (Ag-MJ)