TEGAL, Mediajateng.net, – Sebanyak 212 mahasiswa Undip Semarang diterjunkan ke masyarakat di Kecamatan Pargerang dan Kecamatan Lebaksiu Tegal untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mereka mendapat tugas untuk menerapkan ilmu-ilmu yang didapat di perkuliahan.

Mewakili Bupati Tegal, Drs. Abasari, MM., selaku staf ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM menyambut ratusan mahasiswa tersebut di  Pendopo Amangkurat, Kabupaten Tegal (8/7).

“Melalui KKN ini diharapkan akan mampu memberikan kontribusi positif dalam memotivasi, mentransfer ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi sebagai bagian dari capacity building, membangun pola pikir masyarakat agar lebih produktif dan berdaya saing di sektor ekonomi dan sosial” ujarnya dalam sambutan.

Abasari menyampaikan pelaksanaan KKN sebagai bentuk penerapan tri dharma, terutama terkait sumbangsihnya pada masyarakat juga menjadi pengalaman yang dapat dijadikan bahan evaluasi dan pembenahan maupun inovasi pada proses perkuliahan.

Untuk itu, mahasiswa diharapkan bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan masyarakat setempat, membangun komunikasi yang baik dengan para stakeholders, menjaga kekompakan dan kebersamaan serta mengatur waktu sebaik-baiknya agar pelaksanaan KKN berjalan efektif dan efisien.

Mewakili Wakil Rektor II Undip, Dr. Eng. Agus Setiawan, S.Si., M.Si  mengatakan, sebanyak 212 mahasiswa Undip yang diterjunkan di Kecamatan Pargerang dan Kecamatan Lebaksiu segera berbaur dengan masyarakat, mencari ide-ide bagus dan program-program kerja yang baik dan menerapkan ilmu-ilmu yang didapat di perkuliahan.

“Semoga mereka bisa menjalin interaksi dengan masyarakat dan mempraktekkan teori untuk diaplikasikan di lapangan” tuturnya. (ot/mj)