Jurnal The Messenger USM Terindeks Web of Science

0

Semarang, Mediajateng.net, – Jurnal The Messenger (JTM) Universitas Semarang didatabase bereputasi Web of Science. JTM menunggu proses evaluasinya sekitar 15 bulan, di mana pertamakali disubmit ke Clarivate Analytics/Web of Science sejak  tanggal 29 Desember 2018 dan secara resmi baru dinyatakan terindeks di database mereka mulai tanggal 18 Maret 2020.

Demikian disampaikan pengelola Jurnal The Messenger, Yulianto Budi Setiawan saat ditemui mediajateng.net di Kampus USM pada Rabu (18/3).

Yulianto menambahkan selain itu, JTM tercatat sebagai jurnal ilmiah pertama bidang ilmu komunikasi di Indonesia yang telah terindeks di database bereputasi Web of Science.

“JTM merupakan jurnal ilmiah berskala internasional, yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi USM dan tujuan jurnal ini adalah untuk mempublikasikan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek perkembangan terkini di bidang komunikasi,” ungkapnya.

Yulianto menambahkan artikel yang diterbitkan adalah hasil penelitian yang membawa pemandangan baru (ruang lingkup) tentang Cultural Studies, Integrated Marketing Communication dan Media.

“Akhirnya, JTM sekarang ini tinggal menanti kabar dari satu pengindeks lagi, yakni Scopus. JTM sampai saat ini sudah menunggu selama 19 bulan (sejak disubmit ke Scopus pada tanggal 10 September 2018),” tambahnya.

Yuliyanto Budi Setiawan berharap penantian ini nantinya dapat berakhir dengan kebahagiaan, yaitu JTM dapat terindeks Scopus. (ot/mj)