PEKALONGAN, Mediajateng.net, – Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor akan menggelar Peringatan Maulid Nabi Saw dan Hari Pahlawan tingkat nasional di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (22/11).

Kegiatan bertema ‘Meneladani Kepemimpinan Rasulullah’ ini akan dihadiri sekitar 100.000 anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dari berbagai daerah di Jateng. Tak hanya itu, kegiatan yang dipusatkan di Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan, ini bakal dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah tokoh nasional.

Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, dua tema kegiatan yang digelar bersamaan ini, pihaknya berharap kader Ansor dan Banser akan semakin memiliki kematangan dalam berpikir dan bertindak. Artinya, dalam berorganisasi dan berkehidupan di tengah masyarakat, mereka berpegang teguh pada nilai, serta prinsip-prinsip keislaman sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad Saw. Di sisi lain, kader bisa memiliki keluasan wawasan dalam memperjuangkan nilai-nilai dasar tersebut.

“Kegiatan ini menjadi momentum tepat untuk meneladani kepahlawanan Nabi Muhammad dalam memperjuangkan Islam sebagai agama kedamaian,” ujar Gus Yaqut, panggilan akrab Ketua Umum GP Ansor, Rabu (21/11).

Bagi Gus Yaqut, mengikuti ajaran dan jejak Nabi tidak bisa dilepaskan dari sisi kepahlawanannya. Lahirnya Nabi Muhammad sebagai utusan Allah jelas membawa misi memperbaiki umat dalam rangka terciptanya keadilan (ta’adl) dan kesetaraan (tawazun).

Perjuangan mendobrak belenggu ketidakadilan saat itu jelas tidak mudah dan penuh ancaman. Namun dakwah Nabi yang mengutamakan aspek kemanusiaan dan toleransi telah terbukti membuat Islam yang dia ajarkan mudah diterima berbagai pihak.

“Maulid Nabi tidak hanya sekadar peringatan, namun bermakna bagi tatanan kehidupan yang baik serta menjunjung tinggi aspek kemanusiaan,” terangnya.

Selain Presiden dan rombongan, kata Gus Yaqut, acara akan dihadiri pula Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, Habib Luthfi, KH Dimyati Rois, Tuan Guru Turmudzi, Gubernur Jateng, Kapolda Jateng, Bupati Pekalongan, dan undangan lainnya. (ot/mj)