Jembatan Ambles, Babinsa Dampingi Tim BPBD Cilacap Tinjau Lokasi

Cilacap, mediajateng.net – Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Jeruklegi dan sekitarnya telah menimbulkan dampak kerusakan infrastruktur. Salah satunya di Desa Citepus dimana sebuah jembatan penghubung desa tersebut tergerus air banjir dan kondisinya tiang penyangga ambles sehingga jembatan tak bisa digunakan.

Hal ini telah menimbulkan lumpuhnya akses tranportasi yang menghubungkan Desa Citepus dengan wilayah lainya.

Terkait kejadian tersebut, Babinsa Koramil 02 Jeruklegi Serma Sutardi mendampingi Tim BPBD Kabupaten Cilacap melakukan peninjauan ke lokasi jembatan yang ambles lokasinya berada di Dusun Karangjati RT. 05/RW. 02, Desa Citepus, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Selasa (18/01).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kalakhar BPBD Kab. Cilacap Drs. Widjonardi, MM, Camat Kec. Jeruk Legi Rosikin, S.sos, M.M, Kabid BPBD Kab. Cilacap Hermawan, Pejabat fungsional BPBD Kab.Cilacap Teguh Pudjiono, A.Md , S.T, UPT BPBD Kab. Cilacap Irham Rizky Hutomo, Babinsa Koramil 02 Jeruklegi Serma Sutardi, Babinkamtibmas Polsek Jeruklegi Aiptu Suyadi dan Kasi Trantib Kec Jeruklegi Syihab Alfaritsi, S.Sos.

Dikatakan Babinsa Serma Sutardi bahwa dampak hujan yang mengguyur wilayah Desa Citepus telah membuat jembatan ambles kondisinya nyata dilapangan sayap jembatan ambles, tiang penyangga/tumpuan jembatan ambruk karena terkikis air dan arus deras sungai.

“Adapun volume jembatan tinggi 3 meter, lebar 1 meter dan panjang 13 meter. Jembatan ini merupakan akses utama bagi warga di Desa Citepus jadi tujuan dari Tim BPBD Cilacap datang ke lokasi untuk melihat langsung kondisi jembatan guna melakukan upaya penanggulangan pasca bencana, dan mendata kerusakan yang ada untuk selanjutnya akan dilakukan upaya perbaikan jembatan agar akses tranportasi bisa tetap berjalan,” katanya.

Ditambahkan, Dari BPBD Kabupaten Cilacap sesuai kapasitasnya dalam penanggulangan bencana tentu akan mengambil tindakan cepat untuk mengatasi kondisi ini.

“Dari peninjauan jembatan yang rusak, akibat banjir ini dari BPBD Kanupaten rencana akan dilakukan perbaikan badan jalan dengan mengecor ulang pondasi badan jembatan. Intinya dari pemerinatah akan berusaha agar jembatan ini bisa segera digunakan kembali,” imbuhnya. (MJ/50)