SEMARANG, mediajateng.net, – Harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kota Semarang Jawa Tengah, terpantau stabil. Seperti di Pasar Johar, ketersediaan pangan menjelang Ramadan tercukupi dan harganya masih tergolong stabil.

Demikian disampaikan Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga, Eva Yuliana, usai melakukan pantauan harga bahan pokok di area relokasi Pasar Johar, Rabu (24/4). Menurutnya, tidak ada yang perlu diwaspadai dalam menghadapi Ramadan dan Lebaran ini. Pasalnya, saat ini kebutuhan bahan pokok tercukupi stoknya hingga Lebaran.

“Pasar Johar relokasi ini bisa dibilang pasar induk di Jawa Tengah. Kami pantau tadi harganya masih stabil. Apalagi harga daging sapi yang tiga tahun terakhir ini saya pantau di Semarang sangat stabil,” ujarnya.

Dia menerangkan, dalam pantauannya di relokasi Pasar Johar tersebut untuk harga telur dan bawang merah mengalami kenaikan namun masih dalam batas wajar. Sementara, harga cabai mengalami penurunan.

“Bawang merah mengalami kenaikan, tapi memang kondisi panennya belum banyak, sedangkan jumlah permintaan meningkat. Dalam sepekan ke depan kami harapkan harga kembali normal karena ini sudah musim panen,” imbuhnya.

Sementara untuk bawang putih pihaknya berusaha mencukupi kebutuhan nasional, namun juga tidak ingin memupuskan harapan petani bawang lokal.

“Kita perhatikan kebutuhan masyarakat, tapi kita juga tetap memperhatikan petani lokal. Kebutuhan bawang setiap tahun rata-rata kebutuhan sekitar 450.000 ton,” tandasnya.

Ngadiran salah satu pedagang bawang putih mengatakan, saat ini harga bawang putih Rp45.000/ kilogram. Dia tidak bisa memprediksi harga bawang putih saat ini, apalagi menjelang Ramadan dan hari raya.

“Biasanya ada kenaikan jelang Ramadan dan hari raya. Karena bawang putih itu setahu saya bisa naik turun,” pungkasnya. (ot/mj)