Jelang Nataru, PT KAI Daop IV Sediakan Kereta Tambahan

0
Apel kesiapan PT KAI Daop IV jelang Nataru
Apel kesiapan PT KAI Daop IV jelang Nataru

SEMARANG, mediajateng.net – Mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang selama libur Natal dan Tahun Baru, Kereta Api Daerah Operasi 4 Semarang akan menjalankan kereta api tambahan sebanyak 12 KA terdiri dari 4 KA Daop 4 Semarang dan 8 KA melewati wilayah Daop 4 Semarang. Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembanggan Usaha PT KAI Amrozi Hamidi mengatakan akan ada sebanyak 52.040 kapasitas tempat duduk yang disediakan dari wilayah Semarang ke berbagai tujuan.

“Kereta api tambahan tersebut diantaranya adalah Argo Muria Fakultatif dan Sembrani Fakultatif serta Brantas Nataru dan Kertajaya Nataru. Untuk KA lokal yang hanya beroperasi di wilayah Semarang seperti KA Kaligung, Blora Jaya, dan Kedungsepur disediakan sebanyak 9.296 kursi. Keseluruhan kesiapan ini dilakukan guna memprediksi adanya kenaikan volume penumpang kereta api sebesar 5 persen dibanding tahun 2018 lalu. Jika tahun lalu volume penumpang mencapai 441.363 orang, maka diprediksi akhir tahun 2019 ini akan menjadi 463.432 orang . Puncak kenaikan penumpang akan terjadi selama H+6 atau hari Selasa, 31 Desember 2019 nanti,” tambahnya.

Untuk menjamin keselamatan laju kereta selama puncak libur Natal dan Tahun Baru, PT KAI Daop 4 Semarang telah menyiapkan sejumlah petugas ekstra yang bersiaga selama 24 jam. Mereka akan ditempatkan di daerah – daerah rawan ketika musim hujan nanti.

“Seperti jalur Gundih – Karangsono, Tanggung – Kedungjati untuk rawan amblesan. Brumbung – Tanggung untuk rawan banjir dan wilayah barat Krengseng- Plabuan hingga Kuripan Kabupaten Batang, untuk wilayah rawan longsor,” tutupnya. (edo/mj)