DEMAK, Mediajateng.net – Prediksi awal Bulan November memasuki musim hujan, Pemerintah Desa Kebonbatur, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, mulai menormalisasi seluruh saluran air di wilayah desa, Selasa (8/10).

Normalisasi menggunakan alat berat ini dilakukan di jalan Desa sepanjang 1 kilometer, tepatnya di kawasan Perumahan Kebonagung Barat. Kepala Desa Kebonbatur, Muh Fauzi, mengatakan, normalisasi dinilai penting untuk mengantisipasi meluapnya air dari saluran saat musim hujan.

“Ini kita lakukan bertahap di seluruh saluran air yang ada di wilayah desa. Untuk selanjutnya, saya ajak seluruh warga untuk bersama sama kerja bakti bersih desa dalam menghadapi musim penghujan,” ujar Fauzi.

Selain melakukan normalisasi, Kades menghimbau agar warga tidak membuang sampah sembarangan. Bahkan, dengan tegas Fauzi mengatakan akan bertindak tegas terhadap warga yang sembarangan membuang sampah.

“Kalau ada yang buang sampah sembarangan, silakan melapor. Karena selain mengotori lingkungan, juga dapat berdampak banjir,” pungkas Fauzi.