GROBOGAN, Mediajateng.net – Liburan panjang telah usai. Saatnya para pemudik kembali ke tempat asalnya. Selain dengan mobil pribadi, para pemudik juga memanfaatkan transportasi umum. Terutama bus. Seperti yang terlihat di Terminal Purwodadi, Jumat (28/12/2018) sore.

Dalam rangka menciptakan keamanan dan keselamatan pada saat perjalanan, Satlantas Polres Grobogan menggandeng Dinas Perhubungan Grobogan dan Dinas Kesehatan Grobogan serta Puskesmas I Purwodadi mengadakan pemeriksaan terhadap seluruh pengemudi bus beserta armadanya.

“Sore ini kami melaksanakan pengecekan bersama Dinas Perhubungan dan menggandeng dari Dinkes dan Puskesmas untuk mengecek dan mengamankan kesiapan kendaraan dan supirnya sehingga perjalanan para pemudik nanti bisa lancar,” kata Kasat Lantas Polres Grobogan, AKP Panji Gedhe Prabawa usai melakukan pemeriksaan.

Ditemukan banyak pelanggaran administrasi dalam pemeriksaan ini. Yaitu surat-surat serta kelengkapan yang seharusnya disiapkan pengemudi.

“Kami juga mengamankan satu KBM bus yang pelanggarannya cukup fatal. Yaitu selain pelanggaran trayek juga kendaraan ini tidak laik jalan. Untuk pelanggaran surat-surat, kami berikan sanksi administrasi berupa tilang. Untuk pelanggaran berat seperti kendaraan yang tidak layak jalan, KBM tersebut kami amankan langsung ke Polres,” tambah ayah tiga anak ini.

Selain pemeriksaan kelengkapan serta armada bus, petugas juga memeriksa kesehatan para pengemudi. Dalam pemeriksaan ini, petugas kesehatan tidak menemukan hal-hal yang membahayakan pengemudi.

“Kami juga mengadakan pemeriksaan kesehatan untuk pengemudi bus malam jurusan Jakarta. Dari pemeriksaan tersebut, hasilnya para pengemudi negatif dari pengaruh alkohol dan narkoba. Mereka dinyatakan sehat,” tutup AKP Panji.