SEMARANG, Mediajateng.net – Untuk meningkatkan gairah pengusaha muda, Junior Chamber Indonesia (JCI) bakal menggandeng dengan pengusaha lokal diantaranya Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Jawa Tengah.

Selama ini yang menjadi catatan khusus bagi pengusaha muda terlebih pemula adalah soal jaringan, baik lokal nasional maupun internasional.  Dengan 124 negara jaringan JCI diharapkan memicu para usahawan muda Semarang.
Local Board of Direcors (LBOD) Junior Chamber Indonesia (JCI) Central Java Dea Murti, menjelaskan dengan digandengnya wirausahawan atau pengusaha yang ada di daerah, bisa semakin memperluas jaringan network yang sangat dibutuhkan bagi pelaku usaha. “Pengusaha lokal perlu mendapatakan dukungan untuk mendapatkan jaringan untuk memasarkan atau membesarkan usahanya, dengan luasnya jaringan JCI kami ingin mereka memanfaatkannya juga,” katan dia usai pelantikan Local Board of Direcors (LBOD) Junior Chamber Indonesia (JCI) Central Java, kemarin.
Saat ini kata dia, JCI Chapter Semarang berubah menjadi JCI Central Java, hal tersebut digunakan untuk memberikan kesempatan bagi daerah lain untuk mengembangkan chapter yang menjadi wadah pengusaha-pengusaha muda ini akan semakin luas program kerjanya, khususnya untuk lebih menggaet pengusaha muda yang belum bergabung dengan JCI di area Jawa Tengah. “Masing-masing Kabupaten Kota nantinya akan dibuat chapter agar jaringan JCI lebih berkembang luas,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua HIPMI Jateng, Reza Tarmizi membeberkan jika dengan adanya kerjasama tersebut nantinya akan ada sinergi antar anggota HIPMI maupun JCI untuk mengajak kalangan muda terjun ke dunia usaha. “Banyak program yang nantinya akan kita lakukan bersama, khususnya program regular seperti mengadakan berbagai acara untuk membuat pengusaha muda tergugah untuk bisa terus mengembangkan usahanya,” katanya.
Pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pasar bebas saat ini, lanjut dia, akan banyak pengusaha yang masuk ke Indonesia. Sehingga dengan dengan digandengnya HIPMI, nantinya bisa terus mendorong berkembangnya usaha dari anggota masing-masing dengan cara memperluas networking. “ Perluasan jaringan atau networking perlu dilakukan agar pengusaha di Indonesia tidak kalah bersaing di era MEA,” kata dia.

Comments are closed.