Jateng Fair 2016, 500 Ribu Pengunjung, Rp100 Miliar Transaksi

10

SEMARANG, Mediajateng.net – 500 ribu total pengunjung memadati selama gelaran Jateng Fair 2016 yang diselenggarakan dari 5 Agustus – 6 September. Jumlah tersebut meningkat 70 persen dari tahun lalu, dan mencatat transaksi yang mencapai Rp100 miliar.
Direktur Umum PT PRPP, Titah Listiorini mengatakan, meningkatnya jumlah pengunjung Jateng Fair tidak terlepas dari adanya wahana dan pameran baru yang belum pernah ada di tahun-tahun sebelumnya. Di antaranya, Military Expo 2016 (20-23 Agustus 2016) yang menyedot minat pelajar, Food Expo 2016 pada 26-28 Agustus 2016 yang belum pernah ada di Semarang, serta Dancing Fountain dari PT Taman Pelangi yang menjadi daya tarik utama pengunjung dari Jawa Tengah maupun luar Jawa Tengah. Bahkan, di tahun ini, Jateng Fair juga menjadi tempat studi banding bagi Pemerintah Kalimantan Timur, Jatim Fair, dan Pekan Raya Jakarta (PRJ). “Daya tarik utama kali ini adanya wahana Dancing Fountain. Ini memang meningkatkan pengunjung karena belum ada di Jawa Tengah dan Semarang,” katanya dalam acara penutupan Jateng Fair 2016, Minggu (4/9) malam.
Tidak hanya pengunjung yang meningkat, jumlah peserta Jateng Fair 2016 juga naik 25 persen atau total sebanyak 510 stan dari tahun lalu. Titah berharap event rutin tahunan ini akan menjadi event yang diperhitungkan di tingkat nasional dan menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah.
Sementara itu Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko MSi mengatakan, Jateng Fair 2016 kali ini sudah pada track yang benar karena memadukan antara pameran, rekreasi, dan hiburan sehingga mampu menyedot animo masyarakat, baik dari Jawa Tengah maupun luar Jawa Tengah. Oleh sebab itu, penyelenggara (PT PRPP) diminta selalu membuat gebrakan yang inovatif agar selalu ada daya tarik untuk mengunjungi Jateng Fair. “Syukur ada suguhan pertunjukkan unik dan kreatif. Seperti pertunjukkan episode bersambung sehingga pengunjung penasaran ingin mengetahui kelanjutannya setiap hari,” katanya.
Pada pameran Jateng Fair 2017 mendatang, PT PRPP diharapkan dapat lebih memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, yaitu dengan mengaplikasikan pemantauan nilai transaksi secara online di setiap stan. Sehingga nilai transaksi tersebut selalu ter-update dan dapat dipantau oleh penyelenggara. “Misalnya untuk memantau transaksi dari setiap stan dilakukan secara online. Maka transaksi di setiap stan langsung terekam oleh penyelenggara sehingga selalu update jumlah transaksinya. Dengan demikian bisa diketahui progressnya. Kalau dirasa belum memenuhi target, segera dilakukan internalisasi dan konsolidasi untuk event yang akan datang,” tuturnya.
Pada acara Penutupan Jateng Fair 2016 ini juga diundi hadiah utama berupa satu unit mobil Datsun Go+ yang dimenangkan oleh Putri Nur Hidayah warga Jl Wologito Barat 13 Rt 03/ Rw 05 Kembangarum Semarang. (MJ-017)

Comments are closed.