SEMARANG, Mediajateng.net, – Untuk menjaring kandidat yang dinilai layak dan pantas memimpin Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Semarang, dalam waktu dekat ini perlu diadakan forum debat kandidat.

Demikian hasil pertemuan antara yang digelar antara Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) dan Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) di Resto Ayam Pakuan Jalan Singosari Semarang, kemarin.

Menurut Ketua Pemuda Muhammadiyah AM Jumai, pertemuan ini dilakukan untuk menyikapi dinamika kepemudaan di Kota Semarang yang mulai menghangat menjelang pelaksanaan Musyawarah Kota (Muskot) KNPI Kota Semarang. Rencananya Muskot akan digelar dalam bulan ini.

“Kami menyepakati antar kedua kelompok ini berjalan seiring bersama memberikan yang terbaik untuk kemajuan kepemudaan Kota Semarang,” ungkapnya.

Untuk itu menurutnya, perlu digelar forum silaturahmi dengan format debat kandidat. Dari itu kata dosen Unimus ini, akan nampak penyampaian visi misi mereka.

“Adu visi dan misi itu sangat penting karena kita semua jadi kenal profil calon pemimpin mendatang. Kita juga bisa tahu kandidat yang punya komitmen dan jaringan kuat demi kemajuan dunia kepemudaan kota Semarang,” katanya.

 

Pada kesempatan yang sama, Ketua AMPG Muhammad Ulil Haq mewakili unsur kekaryaan juga menyampaikan, KNPI merupakan tempat berhimpun berbagai Organisasi Kepemudaan (OKP) lintas kultur, lintas kelompok, lintas golongan bahkan lintas generasi muda partai politik.

“Dengan demikian, KNPI butuh figur pemimpin yang komitmen memberdayakan dan menjadi jembatan semua OKP yang berhimpun agar tetap eksis dan bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Pihaknya sepakat satu suara dengan Angkatan Muda Muhammadiyah dalam menentukan kandidat calon ketua. Mekanisme dalam proses penentuan tersebut kata dia, nantinya diformatkan dalam bentuk debat kandidat.

“Debat itu salah satu variable. Tanggal 11 November 2019, kami sudah agendakan debat. Kita akan undang para kandidat yang sudah mulai muncul.

Menurutnya, kesepakatan bersama AMM inilah menjadi sangat penting untuk nanti dijadikan sebagai rekomendasi bagi para kandidat yang akan berkontestasi dalam pemilihan Ketua Umum KNPI Kota Semarang.

“Siapapun nanti yang akan kita dukung bersama, harus punya komitmen kuat dan keberpihakan kepada OKP-OKP ” tutup Ulil yang juga mantan Sekretaris KNPI Kota Semarang ini.

Seperti diketahui, walaupun belum ada penetapan dari Steering Committee (SC) Muskot KNPI, saat ini setidaknya sudah ada tiga nama yang muncul sebagai kandidat calon Ketua KNPI Kota Semarang yaitu Sugeng Hadianto (Wakil Ketua KNPI), Aditya Pratomo (mantan Ketua Hipmi Kota Semarang) dan Arif Rahman (Sekretaris KNPI). (ot/mj)