SEMARANG, Mediajateng.net – Bukan mengajak anak malas dan agar hanya suka menonton film saja. namun, filem yang satu ini mengajarkan anak untuk tahu resiko dan ancaman bencana yang ada di sekitar kita.

Film apakah itu. Ya film animasi berjudul ‘Keluarga Tangguh’ garapan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), diyakini mampu meningkatkan budaya sadar bencana di masyarakat. Animasi secara singkat menceritakan keluarga sigap saat dalam menghadapi bencana alam.

Kepala Pusat Data Infornasi dan Humas (Pusdatin) BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, menjelaskan pembuatan film dilatarbelakangi kondisi masyarakat yang masih rendah sadar bencana, padahal bencana kerap silih berganti di Indonesia.

“Karena bencana di Indonesia itu adalah suatu keniscayaan. untuk itu, animasi berjudul “Keluarga Tangguh” yang rencananya akan disiarkan di TVRI dan TV Swasta ini tujuannya agar pengetahuan masyarakat meningkat dan kemudian bagaimana sikap serta perilaku masyarakat dalam menghadapi bencana,” ujarnya seusai Sosialisasi program sadar bencana BNPB bertema ” Pemanfaatan Design Komunikasi Visual Untuk Mitigasi Bencana” yang bekerjasama dengan Universitas Negeri Semarang (Unnes), di kampus Unnes, Rabu (22/11/17).

Sutopo menambahkan, selain melalui komunikasi visual tersebut, BNPB juga membuat inovasi sandiwara asmara di tengah bencana dengan shooting perang Sultan Agung melawan VOC bersamaan dengan erupsi gunung merapi, potensi longsor, banjir dan sebagainya.

“Itu kita kemas dengan bahasa-bahsa yang mudah yang kita siarkan hampir di 100 stasiun radio Indonesia. Ternyata respon masyarakat sangat antusias sekali. Mereka mendapat sosialisasi kebencanaan tetapi yang sifatnya menghibur,” katanya.

Terkait dampak dari langkah sosialisasi sadar bencana tersebut, salah satunya, ia mengatakan, ketika mendapatkan informasi tentang status Gunung Agung ditetapkan naik menjadi “awas”, masyarakat di Bali yang mendengarkan stasiun itu jadi lebih tenang.

“Mereka jadi paham tanda-tanda letusan gunung, sehingga saat mereka diminta evakuasi mereka mensikapinya berbeda,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu mahasiswi Unnes, Vivi Fauziah mengakui, film animasi “Keluarga Tangguh” tersebut sangat bagus dan mengandung pesan moral yang tinggi. Selain itu ia menyebutkan film tersebut juga bisa layak ditonton anak-anak karena tidak ada muatan negatgifnya.

“Kalau skornya, saya kira 8. Dan ini efektif karena dengan animasi, pesan yang disampaikan lebih mudah diserap masyarakat,” tukasnya.(otg)